Kuliah Sinus

Merupakan halaman diskusi kuliah bersama di Kuliah Sinus STMIK Sinar Nusantara dengan Dosen Hendro Wijayanto, S.Kom


You are not connected. Please login or register

Buatlah Dia Nyaman ! :D

Go to page : Previous  1, 2, 3, 4  Next

View previous topic View next topic Go down  Message [Page 3 of 4]

51 Re: Buatlah Dia Nyaman ! :D on Wed Nov 05, 2014 9:19 pm

menurut saya interface yang menarik itu tidak banyak tombol,mudah dalam memakainya,warna tidak terlalu banyak,dan tidak banyak iklan

View user profile

52 Re: Buatlah Dia Nyaman ! :D on Wed Nov 05, 2014 9:42 pm

menurut saya nyaman dalam penggunaan itu tampilan nya tidak mencolok mata,warna yang digunakan untuk utama cukup satu warna dan dapat di kontraskan,soft dan tidak terlalu banyak icon atau iklan

View user profile

53 Re : Buatlah Dia Nyaman ! :D on Sun Nov 09, 2014 8:57 am

Menurut saya, yang paling berpengaruh dalam kenyamanan user untuk mengakses sebuah interface adalah dari sisi kombinasi warna dan yang terpenting adalah tata letak. Karena dengan tata letak yang baik dan integratif tersebut, pengguna akan semakin dimudahkan karena pencarian akan lebih nyaman. Walaupun menu yang sebanyak apapun apabila ditata dengan baik, maka saya rasa pengguna tidak akan dipersulit dengan tampilan maupun interface tersebut. Dan terlebih, adanya site map juga sangat membantu dalam pengguna mengetahui isi dari suatu interface tertentu.
Terima kasih.  Smile

:: Imanjoko :: 12.5.00047 ::

View user profile

54 Re: Buatlah Dia Nyaman ! :D on Sun Nov 09, 2014 8:20 pm

kuliahsinus wrote:Dalam suatu interface/antarmuka, selain dari sisi sistem komputer yang sederhana dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna, interface/antarmuka juga harus dan wajib memenuhi aspek ergonomi (kenyamanan). Menurut Anda, nyaman yang seperti apa yang seharusnya ada dalam Interface? Umpamakan Anda seorang user yang sering menggunakan komputer.
menurut saya interface yang memenuhi aspek ergonomi (kenyamanan) itu harus mempunyai tampilan yang menarik dan yang pasti harus enak di pandang mata. entah itu dengan gambar2 yang menarik atau warna yang membuat nyaman mata pengguna. dan dalam penggunaan nya juga harus lebih mudah untuk di gunakan untuk semua kalangan, dari anak2 sampai orang tua.

Bunga Aprilia Sarojo
13.5.00019

View user profile

55 Re: Buatlah Dia Nyaman ! :D on Mon Nov 10, 2014 6:36 pm

interface yang nyaman bagi si pengguna iyalah interface yang simpel saya ammbil contoh google, google adalah sebuah web pencari, dimana meskipun ada beberapa menu tapi yang di tonjolkan adalah menu pencarian nya. jadi interface yang baik iyalah interface yang simple, terutama tampilan layout nya. pirat

View user profile

56 Re: Buatlah Dia Nyaman ! :D on Mon Nov 10, 2014 7:09 pm

yang nyaman adalah, tampilan yang sederhana tidak ruwet,,, jadi pengguna tidak bingung saat menggunakannya,, trs perpaduan warna yang pas pada tampilan, yeng akan membuat menarikdan penggunapun enak saat melihatnya,

View user profile

57 Re: Buatlah Dia Nyaman ! :D on Tue Nov 11, 2014 4:53 pm

Menurut pendapat saya Dalam sebuah interface pada aspek ergonomi(kenyamanan) itu adalah tampilannya yang tidak terlalu banyak warna,pencahayaan yang pas,warna latar elakang dan isi kontras, dan tidak rumit sehingga orang awam sekalipun dapat menggunakannya.

View user profile

58 Re: Buatlah Dia Nyaman ! :D on Tue Nov 11, 2014 9:29 pm

interface yang nyaman adalah interface yang nyaman dalam penggunaan,nyaman untuk dilihat.Apabila sutu interface tidak mementingkan kenyamanan maka pengguna akan kesulitan dalam penggunaaan serta apabila warna pada interface tidak indah maka akan membuat pengguna kurang menarik untuk melihatnya.

View user profile

59 Re: Buatlah Dia Nyaman ! :D on Wed Nov 12, 2014 9:10 am

kuliahsinus wrote:Dalam suatu interface/antarmuka, selain dari sisi sistem komputer yang sederhana dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna, interface/antarmuka juga harus dan wajib memenuhi aspek ergonomi (kenyamanan). Menurut Anda, nyaman yang seperti apa yang seharusnya ada dalam Interface? Umpamakan Anda seorang user yang sering menggunakan komputer.

Kenyamanan dalam interface adntaranya adalah nyaman dilihat dan digunakan.
Seperti halnya membuka sebuah website informasi, terutama pasti melihat tampilan warna. jika sebuah website terlalu banyak warna dan warnanya tidak kontras sehingga kesulitan bagi user untuk membacanya. Tampilan juga mempengaruhi bagi user, seperti di tag kategori yang biasanya di taruh di header atas, itu harus ada buat mempermudah user mencari topik yang sedang dibutuhkan.

Nyaman digunakan, untuk kenyamanan pengguna seperti iklan pop up (iklan melayang) yang sengaja di klik itu sering membuat pembaca kabur dari website. Alangkah baiknya seperti itu dihilangkan. dan nyaman pengguna kedua adalah loading website, jika loading website cepat Arrow  maka otomatis pengguna senang mencari informasi di web tersebut, atau sebaliknya jika lola Exclamation  maka kabur, close tab. lol!

View user profile

60 Re: Buatlah Dia Nyaman ! :D on Wed Nov 12, 2014 8:59 pm

Dalam aspek Ergonomi / Kenyamanan dapat dinilai dari tampilan yang User friendly / mudah digunakan , menarik dan tidak terlalu bertele-tele sehingga pengguna / user akan merasa nyaman dan betah dalam penggunaan aplikasi tersebut. selain itu tampilan juga tidak perlu yang terlalu warna-warni sehingga user pun tidak akan mudah jenuh dan lelah ketika menggunakannya. dan juga fitur-fitur yang ada mudah digunakan dan juga mudah untuk dipelajari serta simple dan informatif


Nama : Soultan Indra . P
NIM : 12.5.00200
Kelas : TI- E

View user profile

61 Re: Buatlah Dia Nyaman ! :D on Thu Nov 13, 2014 9:42 am

Menurut  saya interface yang nyaman adalah pada tampilan yang tidak rumit dan tidak banyak memunculkan iklan, tampilan yang sederhana tetapi sangat menarik bagi pengguna, tidak menggunakan banyak effeck/kombinasi warna, sederhana dan mudah dipahami sehingga pengguna tidak kebingungan.

Nama : Kunto Utomo
NIM : 12.5.00058
Kelas : TI-S1/B1

View user profile

62 Re: Buatlah Dia Nyaman ! :D on Thu Nov 13, 2014 11:59 am

Menurut pandangan saya, ketika saya memposisikan diri saya sebagai user awam, saya akan cenderung lebih tertarik dengan interface yang mudah digunakan, tidak terlalu banyak fungsi (icon) yang disembunyikan ke dalam dock-dock yang tidak familiar, dan dengan tampilan yang sederhana namun memiliki fungsi yang maksimal. Secara otomatis, tampilan sederhana akan membuat beban kerja hardware akan sedikit berkurang dan kenyamanan saat menggunakan perangkat akan lebih maksimal.

Sedikit contoh dari kebingungan user awam adalah ketika Microsoft meluncurkan Windows 8 ke pasaran dan menghilangkan tombol windows di pojok kiri taskbar yang biasanya selalu ada di produk sistem operasi keluaran Microsoft sebelumnya, bukan hanya itu, pencarian tombol shutdown di Windows 8 juga menimbulkan kebingungan terhadap user awam. Microsoft sepertinya banyak belajar dari Windows 8 dan kemudian kembali menghadirkan windows button di taskbar pada Windows 10 yang akan rilis beberapa waktu ke depan.


Nama : Adi Bayu Nugraha
NIM : 12.5.00002
Kelas : TI-S1 A

View user profile

63 Re: Buatlah Dia Nyaman ! :D on Thu Nov 13, 2014 1:16 pm

jika di lihat dari sisi kenyamanan, interface yg sangat nyaman adalah yang memiliki desain yang simpel dan elegant selain itu tata letak tombol jg sangat penting. jika tata letak tombol tersebut tidak sesuai dengan umumnya maka pengguna baru akan kesulitan mencarinya. dan isi / link dari tombol tersebut harus sesuai dengan fungsinya yg d wakili dengan nama tombol.

nama: Dziky R
nim: 12.5.00202

View user profile

64 Re: Buatlah Dia Nyaman ! :D on Thu Nov 13, 2014 1:28 pm

Menurut saya, interface yang nyaman secara aspek ergonomi adalah dimana interface itu mempunyai daya tarik terhadap pengguna, misalkan dari segi warna, susunan tampilan juga teratur, jadi si pengguna pun tidak akan susah ketika ingin mencari sesuatu yang diiinginkan. Contohnya dalam sebuah website, ketika pengguna membuka sebuah website, website tersebut akan membuat nyaman si pengguna misalkan jika web tersebut akan secara langsung menampilkan menu-menu dalam web tersebut, jadi pengguna pun akan lebih mudah mengakses apa yang dicari, kemudian dalam warna sebuah web alangkah baiknya warna itu cocok dan tidak terlalu kontras, menggunakan 3 warna itupun cukup.

Rizki Nurrohim (12.5.00176)

View user profile

65 Re: Buatlah Dia Nyaman ! :D on Thu Nov 13, 2014 4:47 pm

Menurut saya interface/antarmuka yang memenuhi aspek ergonomi (kenyamanan) adalah interface yang enak di pandang mata estetika keindahan yang membuat mata merasa nyaman (tidak sakit) dengan kombinasi warna yang cocok tanpa banyak perpaduan warna serta menggunakan typografi yang pas. Serta terdapat shortcut yang berkategori sehingga software tidak terlihat rumit agar terlihat rapi serta juga melihat dalam segi data agar saat di gunakan tidak terlalu berat (loading). Serta dapat di gunakan oleh semua user baik anak kecil maupun dewasa (universal).

Terimakasih
Muhammad Jafar Shodiq/12.5.00066

View user profile

66 Re: Buatlah Dia Nyaman ! :D on Fri Nov 14, 2014 10:40 am

interface yang nyaman menurut saya adalah interface yang sederhana, dan memiliki warna yang tidak lebih dari 3 .
kemudian dalam tombol button atau yang lainya pun juga harus jelas . agar si pengguna tidak bingung dalam mengaksesnya.

Damar Arfiyanto - 12.5.00026 - TI-S1 ( A1 )

View user profile

67 Re: Buatlah Dia Nyaman ! :D on Fri Nov 14, 2014 2:21 pm

Suatu interface yang bagus adalah interface yang dapat membuat sang user menjadi lebih rileks, nyaman dan merasa enjoy dalam menggunakan fitur tersebut maupun sistem sekalipun.
Perancangan suatu interface tidak luput dari bagaimana si developer (dalam hal ini kita ambil contoh programmer) menuangkan idenya maupun gagasannya ke dalam suatu rancangan program, di mana ide dan kretifitas si developer tertuang di dalamnya. Semakin kreatif dan menarik idenya maka semakin menarik pula interface yang dihasilkan(mungkin ya...klo tu programmer gak punya jiwa artistik maka gak bisa dibilang tu interface bakalan jadi bagus).
Intinya, semakin canggih suatu teknologi maka semakin menarik dan canggih pula fitur-fitur yang terdapat pada interface tersebut.cobalah kembali ke diri kita sendiri lagi...kita harus bijak dan penuh tanggung jawab dalam mengembangkan suatu teknologi baik dari segi interface maupun dari segi fitur-fitur di dalamnya. Razz Cool Shocked clown Exclamation

flower 13.5.00010 flower

View user profile

68 Re: Buatlah Dia Nyaman ! :D on Fri Nov 14, 2014 8:01 pm

Menurut saya, interface yang baik bagi pengguna adalah tampilan yang tidak terlalu rumit dengan memperhatikan aspek warna, tulisan, dan iklan yg tidak terlalu banyak
Dalam pengertian, komputer harus bisa membuat user lebih mudah dalam penggunaannya.. Laughing pale

### Mega Purwanti ###
### 11.5.00148 ###
### TI_S1/C2 ####

View user profile

69 Re: Buatlah Dia Nyaman ! :D on Fri Nov 14, 2014 11:38 pm

Pendapat saya interface yang nyaman yaitu, tampilan yang tidak terlalu ribet, icon yang minimalis tidak terlalu banyak animasi, dan tentunya proses yang begitu cepat Very Happy

Ariesta Fitrianto
13.5.00129

View user profile

70 Re: Buatlah Dia Nyaman ! :D on Sat Nov 15, 2014 7:29 am

kuliahsinus wrote:Dalam suatu interface/antarmuka, selain dari sisi sistem komputer yang sederhana dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna, interface/antarmuka juga harus dan wajib memenuhi aspek ergonomi (kenyamanan). Menurut Anda, nyaman yang seperti apa yang seharusnya ada dalam Interface? Umpamakan Anda seorang user yang sering menggunakan komputer.

Menurut saya kenyamanan yang seharusnya ada dalam interface adalah tampilan yang menarik tetapi sederhana. tidak terlalu banyak iklan atau link link yang tidak jelas. paduan warna template yang kalem, atau tidak terlalu cerah.

NOVITA TRI ANDANI
TI.B/S1
13.5.00121

View user profile

71 Re: Buatlah Dia Nyaman ! :D on Sat Nov 15, 2014 9:45 am

Interface yang baik dan nyaman adalah interface yang sederhana, simpel, bersahabat dengan pengguna dan jelas apa yang akan disampaikan. Mulai dari tampilan, fasilitas yang digunakan, tombol yang ada pada tampilan, ukuran, warna dan jenis font yang digunakan, warna background dan warna konten. Namun pada intinya yang paling berpengaruh dalam suatu interface adalah faktor warna. Usahakan gunakan warna yang tidak terlalu kontras dan gunakan warna yang tidak lebih dari 3 warna.

Nama : Lilik Bashori
NIM : 12.5.00217
Prodi : TI - S1
Kelas : E 1

View user profile

72 Re: Buatlah Dia Nyaman ! :D on Sun Nov 16, 2014 3:13 am

Menurut saya Antarmuka (Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.

MIFTAKHUL HUDA
12.5.00161
TI-SI/E
PAGI

View user profile

73 Re: Buatlah Dia Nyaman ! :D on Mon Nov 17, 2014 9:33 am

Menurut saya , untuk interface yang nyaman adalah dari sisi tampilan (y) dari sisi tampilan ini yang dimaksudkan , tampilan sederhana dan minimalis , warna tidak mencolok sehingga tidak membuat mata sakit , tidak terlalu banyak icon-icon yang nantinya malah membuat kita bingung , dan yang paling penting adalah tidak banyak iklan , sehingga kita tidak terganggu Smile CMIIW Very Happy

Laila Inayati
12.5.00158
TI-E/S1

View user profile

74 Re: Buatlah Dia Nyaman ! :D on Mon Nov 17, 2014 10:22 am

Menurut pendapat saya dalam sebuah interface pada aspek ergonomi / kenyamanan itu adalah nyaman dilihat oleh mata dan mudah dalam menggunakannya, dan untuk pengguna baru atau awam pun bisa mudah mengaplikasikannya dan mudah untuk mengerti apa maksud dari tampilan interface

Kurnia Martha
(12.5.00157)

View user profile

75 Buatlah Dia Nyaman ! :D on Tue Nov 18, 2014 10:52 am

Aspek Ergonomis Dalam Desain Antarmuka Untuk Pengguna, sebaiknya  harus memenuhi :
1. Konsistensi
   prinsip konsistensi diterapkan setiap saat dan disemua antarmuka untuk :
   - penggunaan terminologi, icon/gambar, shorcut, warna untuk jenis fungsi yang sama.
2. Sederhana
   - penyederhanaan modul komplek menjadi lebih simpel.
   - pembagian proses yang panjang dalam beberapa tahap.
   - penggunaan alat bantu, misal : shortcur, terminologi, icon yang familiar.
3. Keterbatasan Pada Ingatan Pengguna Sistem
   - hindari penggunaan antarmuka yang tidak user-friendly
   - penggunaan warning untuk tindakan yang krusial dan butuh konfirmasi lanjut.
   - penyederhanaan menu untuk tiap-tiap tipe user
   - penggunaan tombol navigasi yang eye catching, mudah dan cepat.
   - adanya fasilitas Help dan Contac Us
   - adanya Manual Guide atau panduan pengguna.
4. Sistem Mode
   - penggunaan mode kursor yang berbeda untuk jenis fungsi yang berbeda, misal jika sedang proses data maka kursor mode busy arrow. Kemudian interface induk di disable jika ada child modul yang aktif.
5. Pengaturan Tampilan
  - layar dibuat otomatis meredup setelah beberapa menit tidak diaktif.
  - pengunaan menu yang ter-struktur dan urut dari awal sampai langkah terakhir.
  - pengaturan desain warna yang baik untuk kesehatan mata.
  - tidak menggunakan tampilan/informasi yang terlihat bertumpuk dalam satu layar.
6. Kostumisasi Individu
 - akomodasi perbedaan tiap user (untuk user baru)
 - user bisa mengganti warna,background,icon,tata-letak sesuai keinginannya.
 - menggunakan alternatif shortkey untuk beberapa jenis perintah. misal Ctrl+L untuk Menu Laporan.

Waliman TI-S1 13.5.10037

View user profile http://www.gigantous.blogspot.com

Sponsored content


View previous topic View next topic Back to top  Message [Page 3 of 4]

Go to page : Previous  1, 2, 3, 4  Next

Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum