Kuliah Sinus

Merupakan halaman diskusi kuliah bersama di Kuliah Sinus STMIK Sinar Nusantara dengan Dosen Hendro Wijayanto, S.Kom


You are not connected. Please login or register

Strategi Yang dibutuhkan dalam mengembangkan Interaksi Manusia dan Komputer

View previous topic View next topic Go down  Message [Page 1 of 1]

Jelaskan strategi yang seperti apakah yang dapat mengembangkan Interaksi Manusia dan Komputer ? Berikanlah contoh sederhananya !

View user profile http://kuliahsinus.indonesianforum.net
Dalam kasus ini menurut saya hal terpenting yg perlu diperhatikan adalah mengenai GUI (tampilan) dan kemudahan akses bagi manusia bahkan yg awam sekalipun. Dengan adanya kemudahan ini dipercaya akan ada peningkatan dalam pengembangan minat yg ada pada manusia untuk dapat mengakses hal tersebut dengan mudah.
Contohnya adalah dengan menempatkan tools2 atau suatu perintah yang dapat dipahami oleh org awam yg dibuat semenarik mungkin dengan komposisi warna yg harmonis (tdk tabrak warna). Atau bahkan dengan gambar sekalipun.

Dalam kasus ini lebih di khususkan strategi mengenai pengembangan minat manusia untuk mengakses komputer dengan mudah.

YOGA PERMANA SAPUTRA - 13.3.00025

View user profile
Sebuah program aplikasi terdiri atas 2 bagian penting, yaitu (1) bagian antarmuka yang berfungsi sebagai sarana dialog antar manusia dan komputer, dan (2) bagian aplikasi yang merupakan bagian yang berfungsi untuk menghasilkan informasi berdasarkan olahan data yang sudah dimasukkan oleh pengguna lewat algoritma yang disyaratkan oleh aplikasi tersebut.
contohnya: aplikasi kasir

View user profile http://begawanilmu.blogspot.com
Menurut saya, kita dapat membuat aplikasi yang mudah di pahami alur penggunaan nya, dan kita berikan fungsi/tombol bantuan guna para user dapat mengetahui apa saja fungsi-fungsi tool yang ada. contoh: aplikasi photoshop. sudah ada tombol help nya.

View user profile
Dalam hal interaksi manusia dan komputer seharusnya kita sebagai orang yang berada dalam lingkup IT juga memperhatikan kebutuhan user dalam membuat suatu aplikasi maupun device. Sebab selama ini menurut saya ,kebanyakan mahasiswa dlam membuat suatu aplikasi masih bersifat egois dan hanya menampilkan unsur mewah/megahnya saja.Artinya aplikasi tersebut yg bisa menguasai hanya si pembuat dan terkadang justru mempersulit pengguna. Maka dari itu sebelum membuat aplikasi atau device ,kita juga harus menganalisis dan memperhatikan kebutuhan user secara detail.. contohnya aplikasi dan device yang bisa membantu penyandang tuna netra .supaya mempermudah aktivitas mereka.. bagas artombo - 13500016

View user profile

6 Yusuf Azis Hidayat >13.5.00079< on Mon Oct 20, 2014 8:26 pm

kuliahsinus wrote:Jelaskan strategi yang seperti apakah yang dapat mengembangkan Interaksi Manusia dan Komputer ? Berikanlah contoh sederhananya !

Strateginya dengan cara membuat suatu bobot yang dapat membuat pengguna / user dapat mengetahui "apasih yang dibutuhkan pengunjung, pengguna dan pemakai didalam mengeksplor suatu aplikasi atau device tersebut"

Sebagai pembuat suatu rancangan program itu kita lihat dulu sekitar kita, bukan hanya orang" IT saja yang mengetahui tetapi orang awam pun juga bisa mengetahui dengan mudahnya menggunakan suatu program yang sudah kita buat dengan baik dan maksimal.

Suatu program yang baik juga harus bisa berinteraksi dengan manusia, dari kalangan anak, dewasa serta tua ataupun orang yang normal dan *maaf* cacat. program itu sendiri juga bisa digunakan semua kalangan dan dapat juga digunakan dengan anggota tubuh.

dengan melihat dari segi seberapa interaksi sebuah program dengan penggunanya ,sebagai programer yang handal juga wajib mengedepankan Interaksi Manusia dan Komputer dengan lebih detail dan juga  harus menganalisis dan memperhatikan dengan baik kebutuhan pengguna secara terperinci.

contoh : program yang dapat di gunakan kesemua kalangan dengan tujuan memudahkan pengguna untuk menggunakan program itu sendiri.
lihat saja Microsoft Office, satu paket sudah komplit dan mudah digunakan *tergantung penggunanya dari kalangan apa*
atau program lain yang bisa di gunakan untuk orang yang memiliki kelemahan jasmani dan rohani *maaf* Wink dan lain sebagainya bounce Laughing Cool Idea

__________________________
:::...YUSUF AZIS HIDAYAT...:::
:::::........13.5.00079.........::::
:::::::..........C-2............::::::
:::...TEKNIK INFORMATIKA..::::
::::::::::::Strata - 1::::::::::::
__________________________

View user profile http://www.yusufazishidayat.blogspot.com
jika kita berbicara strategi maka kita harus tahu dulu sasaran user kita,, baru setelah kita dapat menentukan langkah selanjutnya.
- sebagai misal kita membuat aplikasi kasir misalnya, dan penggunanya adalah lulusan SLTA yg tentu kemampuannya pun standard, maka kita dapat membuat program dengan tingkat akses standard dengan kemampuan orang SLTA. ( icon / tata letak yg mudah di ketahui / diknali, pewarnaan atau GUI(interface)nya).
- lain halnya kalu sasaran kita kalangan atas yang sudah mahir dalam pengoperasian komputer misalnya, maka kita bisa main di dalam penerapan (kegunaan/fungsi).

:: Agus Triyanto | 13.5.00003 ::
-------------------------------
M1.TI/S1 | STMIK SINUS

View user profile
Saya pikir untuk strategi pengembangan interaksi manusia dan komputer tidak hanya sebatas manusia  melihat dan mengoperasikan komputer di di depan monitor saja. Maka perlu dikembangkan teknologi2 yang menyangkut antara software dan hardware, sehingga hubungan manusia dengan komputer lebih fleksibel. Contohnya sekarang ini telah terwujud google glass serta sedang dikembangkan teknologi 3D Hologram..

bagas 13.5.00016

View user profile
strategi untuk mengembangkan imk:
-mempunyai pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer
-mempunyai informasi tentang ragam dialog, struktur, isi tekstual dan grafis, tanggapan waktu, kecepatan tampilan
-penggunaan prototipe yang disusun secara bersama-sama antara calon pengguna dan perancang sistem
-teknik evaluasi dengan menggunakan ujicoba sejumlah kasus, tanya jawab dan kuisioner
contoh:minta ke pengguna untuk mengisi kuisiner yang telah dibuat yang berisikan tentang masalah imk

dewi fatikha sari_13.5.00158

View user profile
kuliahsinus wrote:Jelaskan strategi yang seperti apakah yang dapat mengembangkan Interaksi Manusia dan Komputer ? Berikanlah contoh sederhananya !

imk merupakan metode yang di gunakan untuk mempermudah dalam menggunakan perangkat
dengan imk kita bisa mengerti bahasa dan tujuan komputer,,
dalam pengembangan imk ,antarMuka mukalah yang menjadi tujuan utama dalam pengembangan teknologi agar antar muka yang baik akan memudahkan pengguna ,pengguna lebih fleksibel ,dalam hal ini pengembangan prototipe harus lebih baik Contohnya dalam hal kecepatan tanggapan waktu ,desain atau tampilan, panduan penggunaan dll.

Nur kholis (13.5.00055)

View user profile
Daur hidup pengembangan sistem di atas dapat dilihat bahwa ada dua bagian penting suatu aplikasi, yaitu Antarmuka, yang merupakan dialog yang menghubungkan komputer dengan pengguna. Aplikasi, yang merupakan pengolah data yang menghasilkan informasi.
Pada pengembangan suatu sistem informasi, pengembangan antarmuka tidak lebih sederhana dari pengembangan aplikasinya sendiri. Razz affraid
flower 13.5.00010 flower

View user profile
Adalah dengan memahami fungsi manusia sebagai developer IMK dan sebagai penggerak terhadap berjalannya suatu sistem komputer agar lebih bermanfaat untuk khalayak umum.
Seperti : Very Happy

# pengetahuan terhadap mekanisme manusia sebagai user itu sendiri
# berbagai hal / karakteristik yang berhubungan langsung dengan dialog yg terjadi
# sinkronisasi prototipe / rancang muka awal antar pengguna dan perancang
# tahap akhir adalah evaluasi untuk meminimalisir kesalahan dan kekurangan

4 hal tersebut eksak dibutuhkan agar pengembangan atau inovasi dalam bidang IMK dapat dilakukan dengan kontinu, bertahap dan inovatif, tujuannya jelas demi kemudahan manusia dimasa depan.

View user profile http://synyster.rendezvous@gmail.com
[justify]Strategi yang dibutuhkan dalam mengembangkan interaksi manusia dan komputer ialah lebih mengacu pada bagian menu-menu (tools) serta bahasa komputer yang mudah dipahami oleh penggunanya (manusia). Dengan adanya tools yang mudah dikenal oleh pengguna komputer serta bahasa yang mudah dipahami maka antara komputer dan pengguna akan melakukan kerja secara lancar. Manusia berperan sebagai pengguna yakni memberikan masukan atau ide bagi komputer dan komputer itu sendiri akan memprosesnya, sehingga akan menghasilkan sebuah output yang dikehendaki oleh si manusia.
Contoh : dalam hal pengcodingan.
Dalam hal ini pengguna akan membuat sebuah program. Dan dalam pembuatan sebuah program tersebut mungkin saja akan mendapatkan kesalahan atau eror. Komputer yang sedang memproses akan menampilkan sebuah peringatan bahwa program yang dijalankan mengalami eror. Si pengguna akan membaca dan memahami bahasa peringatan tersebut dan akan membenahi programnya dengan cara menggunakan menu atau tools yang telah tersedia. Dengan demikian, komputer akan memproses ulang program yang benar.
Francisca R J (13.3.00040)

View user profile
Strategi yg dbthkan dlm mengembangkan interaksi manusia dan komputer
Saya setuju dengan jawaban mb dewi fatikha sari

1. Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer.
2. Informasi tentang ragam dialog, struktur, isi tekstual dan grafis, tanggapan waktu, kecepatan tampilan.
3. Penggunaan prototipe yang disusun secara bersama-sama antara calon pengguna dan perancang sistem.
4. Teknik evaluasi dengan menggunakan uji coba sejumlah kasus, tanya jawab dan kuisioner.

Sumber:http://moleen.wordpress.com/interaksi-manusia-komputer/

#13500047

View user profile
Strategi Yang dibutuhkan dalam mengembangkan Interaksi Manusia dan Komputer ,
Yang pertama dari Manusianya itu sendiri, sebuah interaksi tidak akan terjadi kalau salah satu diantaranya pasif, ya memang komputer akan bersifat pasif kalau tidak ada user. Maka dari itu manusia harus pandaipandai dalam menggunakannya, Nah kemudian komputer itu sendiri harus mudah dipahami oleh manusia, dari interfacenya.
(12.5.00033)

View user profile
mnurut saya, sebuah program aplikasi terdiri atas 2
bagian penting, yaitu (1) bagian antarmuka
yang berfungsi sebagai sarana dialog antar
manusia dan komputer, dan (2) bagian
aplikasi yang merupakan bagian yang
berfungsi untuk menghasilkan informasi
berdasarkan olahan data yang sudah
dimasukkan oleh pengguna lewat algoritma
yang disyaratkan oleh aplikasi tersebut. maka, yg dibutuhkan utk mngembangkan interaksi mnusia dan komputer itu dgn mmperhatikan hal2 berikut ini :
1. pngetahuan mekanisme mnusia itu sndiri sbg pngguna dlm komputer
2. informasi mngenani ragam dialog, struktur, dan lain sbgainy
3. pnggunaan prototipe disusun scra brsma yg dilakukan antara calon pngguna (user) dgn prancang sistem
4. teknik evaluasi dgn mnggunakan uji coba kasus, tanya-jwb, serta kuisioner.

View user profile

Sponsored content


View previous topic View next topic Back to top  Message [Page 1 of 1]

Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum