Merancang perangkat lunak yang nyaman
Teknik elektronika & ilmu komputer
memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI
Psikologi
memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna
Perancangan grafis dan tipografi
sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & computer
Ergonomik
berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja
Antropologi
ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya
Linguistik
merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah
Sosiologi
studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor.
contoh : sistem operasi seperti WINDOWS
sistem operasi windows:
a) GUI yang familiar sehingga pengguna lebih nyaman berada didepan layar monitor
b) Dukungan perangkat dari driver yang lebih baik
c) Banyak aplikasi kantor yang kompatibel dengan windows
s) Mudah untuk digunakan, karena para pengguna sudah terbiasa dengan tampilan windows