Kuliah Sinus

Merupakan halaman diskusi kuliah bersama di Kuliah Sinus STMIK Sinar Nusantara dengan Dosen Hendro Wijayanto, S.Kom


You are not connected. Please login or register

Faktor Manusia dan Komputer

Go to page : Previous  1, 2

View previous topic View next topic Go down  Message [Page 2 of 2]

26 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Mon Oct 27, 2014 11:05 pm

13500044-Ikhsan wrote:menurut pendapat saya.apa bila kita ingiin merancang sebuah perangkat yang baik dan disukai pengguna maka sebaiknya kita melakukan survey kepada calon user/konsumen,dengan survey maka perancang desain akan mengetahui apa minat user,dengan mengadakan survey juga para perancang dapat lebih dekat kepada pengguna.serta sebuah perangkat yang bagus juga disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dengan menampilkan sebuah ciri khas

13.5.00044
TI-S1 D


Saya juga setuju dengan pendapat ini , dengan melakukan survey terlebih dahulu , kita akan mengetahui perangkat-perangkat seperti apakah yang sekiranya sedang diminati oleh user Very Happy
Laila Inayati 12.5.00158 TI-S1 E

View user profile

27 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Wed Oct 29, 2014 9:19 am

Menurut hemat saya ,Perangkat yang nyaman & aman digunakan oleh pengguna adalah perangkat dimana perintah maupun fungsi dalam penggunaanya mudah untuk dijalankan & mudah untuk dimengerti serta perangkat tersebut tidak berpotensi merusak system atau perangkat lain dalam penggunaanya

Contoh : Adobe Photoshop,Corel Draw

---Ganjar Ariyoyo----
---13.5.00174---
---Teknik Informaika---
---Strata 1---

View user profile

28 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Wed Oct 29, 2014 12:06 pm

kenyamanan adalah hal yg di inginkan oleh user. kalau user nyaman.. mk user akan lbh sering menggunakan perangkat tesebut..
.
contohnya : pada aplikasi kalau kita akan menghapus file.. maka kota akan di tanya kembali apakah kota yakin untuk menghapus file tersebut..

View user profile

29 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Wed Oct 29, 2014 12:06 pm

kenyamanan adalah hal yg di inginkan oleh user. kalau user nyaman.. mk user akan lbh sering menggunakan perangkat tesebut..
.
contohnya : pada aplikasi kalau kita akan menghapus file.. maka kota akan di tanya kembali apakah kota yakin untuk menghapus file tersebut..

View user profile

30 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Wed Oct 29, 2014 4:14 pm

Merancang perangkat yang nyaman dan aman itu menurut saya adalah yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan tidak sulit untuk menggunakannya serta bisa dijamin keamanan data-datanya.
Contoh sedikit saja adalah Microsoft Excel yang bisa dimanfaat oleh pengguna yang bergelut dibidang keuangan yang ingin membikin laporan atau semacam tracking dengan perangkat ini bisa digunakan dan menggunakannya pun tidak begitu sulit serta tingkat keamanan datanya pun juga bisa terjaga dengan aman karena data bisa diberi password.

Yunus Nova Wirawan/ 13.3.00026

View user profile

31 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Wed Oct 29, 2014 7:49 pm

menurut saya, untuk merancang perangkat yang nyaman dan aman yaitu dengan tampilan yang menarik dan tidak berlebihan karena tampilan adalah sesuatu yang pertama dilihat ketika pengguna membuka perangkat tersebut. dan yang utama adalah perangkat tersebut aman digunakan contohnya dengan adanya peringatan/pertanyaan ketika menghapus file/data.
contoh perangkat : SO Windows

View user profile

32 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Wed Oct 29, 2014 10:16 pm

kuliahsinus wrote:Bagaimana menurut Anda merancang Perangkat yang nyaman & aman digunakan oleh pengguna? Jelaskan dengan memberikan contohnya !

menurut saya dalam merancang perangkat kita harus memperhatikan keamanan dan kenyamanan pengguna, maksudnya kita harus membuat perangkat tersebut se simple mungkin,sehingga pengguna dapat dengan mudah mengoperasikan perangkat tersebut, tapi juga harus dapat memenuhi keinginan pengguna. dan kita juga harus memperhatikan penggunaan kombinasi warna agar lebih menarik perhatian pengguna.dalam membuat suatu perangkat

misalnya perbandingan antara search engine google dengan yahoo, jika yahoo memberikan hal - hal atau sesuatu yang tidak di inginkan pengguna, sedangkan google hanya memberikan apa yang di butuhkan oleh pengguna. Question

View user profile

33 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Mon Nov 03, 2014 10:14 am

menurut saya ni low cara merakit yang nyaman itu mengikuti aturan atau petunjuk.
contoh merakit pc:rakitlah pc dengan spec yang bagus maklum anak jaman sekarang pengenya yang cepet-cepet.. Very Happy

View user profile

34 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Mon Nov 03, 2014 10:44 am

menurut saya, merancang sebuah perangkat yang baik itu harus sesuai dengan kebutuhan dan selera pengguna sehingga si pengguna dapat menggunkan perangkat tersebut dengan puas dan nyaman.

View user profile

35 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Thu Nov 06, 2014 4:44 pm

kuliahsinus wrote:Bagaimana menurut Anda merancang Perangkat yang nyaman & aman digunakan oleh pengguna? Jelaskan dengan memberikan contohnya !

Menurut Deborah J. Mayhew (Software and Web Usability Engineering Consulting), Ada beberapa hal yang perlu dipahami oleh para perancang sistem dalam merancang perangkat yang nyaman digunakan.
1.  User Compatibility
User Compatibility artinya kesesuaian tampilan dengan pemakai umum karena berbeda pemakai
dapat menyebabkan kebutuhan tampilan berbeda. Misalnya, jika aplikasi diperuntukkan bagi anakanak, maka jangan menggunakan istilah atau
tampilan orang dewasa.
2. WYSIWYG
What You See Is What You Get, buat tampilan mirip seperti kehidupan nyata dari pengguna. Dan pastikan semua fungsi-fungsi yang ada berjalan sesuai tujuan yang diinginkan
3.  Ease of Learning  
Aplikasi yang mudah dipelajari.
4.  Ease of use
Aplikasi harus mudah digunakan.

View user profile

36 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Mon Nov 10, 2014 6:44 pm

Bagaimana menurut Anda merancang Perangkat yang nyaman & aman digunakan oleh pengguna? Jelaskan dengan memberikan contohnya !

merncang suatu aplikasiyang berbasis web aatau dekstop yang kita utamakan kenyamanan dan kemudahan si pengguna, buka kemudahan si pebuat. jadi kita harus merancang dengan sesuai kebutuhan dansusuai dengan sipengguna,suatucontoh aplikasi perbankan yang di desain agar teller lebihcepat menangani nasabah dan untuk keamannyamaka di rancang di database nya dengan tidak berfokus hanya satu komputer servertetapi bercabang agar sulit untuk membobol aplikasi database trb

View user profile

37 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Sat Nov 15, 2014 1:14 am

menurut saya, merancang perangkat yg nyaman dan aman adalah pengguna tidak terganggu kesehatanya. separti gangguan pada mata ataupun badan.
maka kita harus mengatur tempat duduk dan juga jarak pandang ke layar monitor.

cyclops

13.5.00132
Muh Baehaqi Adam
TI-S1 b

View user profile

38 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Sat Nov 15, 2014 7:19 am

kuliahsinus wrote:Bagaimana menurut Anda merancang Perangkat yang nyaman & aman digunakan oleh pengguna? Jelaskan dengan memberikan contohnya !


Menurut saya, merancang perangkat yang nyaman dan aman dapat kita perhatikan dari segi tampilan (interface), seperti memberikan paduan warna yang tidak mencolok ketika dilihat sehingga pengguna akan merasa nyaman untuk berlama-lama menggunakan perangkat tersebut. sedangkan untuk kenyamanan kita dapat merancang sebuah perangkat dengan sistem keamanan (software) didalam perangkat itu sendiri.
Sebagai contoh smartphone android saat ini. selain memberikan tampilan interface yang cantik, android juga membekali nya dengan playstore dimana pengguna dapat mendownload aplikasi dengan aman.

NOVITA TRI ANDANI
TI.13 B/S1
13.5.00121

View user profile

39 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Sat Nov 15, 2014 11:33 am

Menurut saya, dalam merancang perangkat yang aman dan aman harus disertai dengan fitur untuk menghemat energi. Tentu kita tau kini sedang terjadi pemanasan global (global warming), jika tidak bisa menghilangkan faktor penyebab global warming paling tidak kita bisa mengurangi efek dari perangkat yang kita buat dalam menambah dampak pencetus global warming.
Contoh : Penggunaan label Energy Star.

Energy Star merupakan sebuah logo atau label yang bersifat Standar Internasional yang di pasang ataupun di tempelkan pada sebuah produk baik itu produk peralatan utama seperti peralatan elektronik. Tentu kita pernah melihat logo Energy Star pada tampilan komputer saat kita menyalakan PC.
Sebuah komputer yang memenuhi syarat ENERGY STAR memberikan penghematan besar atas komputer konvensional. Desktop, terpadu desktop, dan notebook (laptop) komputer, workstation, server skala kecil, dan thin client semua berhak untuk mendapatkan ENERGY STAR, dan mereka yang melakukan sekarang lebih efisien dari sebelumnya. Tentu dangan manfaat tersebut dapat berdampak positif bagi pengurangan Pemanasan Global (Global Warming).

Nama : Rokhmad Fajar Romadhoni
NIM : 12.5.00218
Prodi : TI-S1

View user profile

40 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Sat Nov 15, 2014 12:44 pm

menurut saya merancang perangkat yang nyaman dan aman dapat diwujudkan dengan lebih simple tanpa harus terlihat muluk-muluk dengan alasan supaya terlihat mewah dalam meja kerja.
misalnya :
-mengurangi penggunaan kabel dengan mengganti dengan bluetooth atau wireless.
-pencahayaan juga harus diperhatikan, jangan sampai terlalu terang atau terlalu redup.
-tempat kerja dibuat senyaman mungkin tanpa harus meninggalkan keamanan kita dalam bekerja.
-mengatur jarak aman antara user dengan perangkat.
-menyesuaikan posisi perangkat, jangan sampai posisi perangkat tidak strategis, misal jarak keyboard dengan mouse yang terlalu jauh.

yan resti nugroho ( 12.5.00192 ) E2-pagi

View user profile

41 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Fri Dec 12, 2014 8:03 pm

Merancang perangkat lunak yang nyaman Smile
Teknik elektronika & ilmu komputer
memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI
Psikologi
memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna
Perancangan grafis dan tipografi
sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & computer
Ergonomik
berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja
Antropologi
ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya
Linguistik
merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah
Sosiologi
studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor.

contoh : sistem operasi seperti WINDOWS
sistem operasi windows:
a) GUI yang familiar sehingga pengguna lebih nyaman berada didepan layar monitor
b) Dukungan perangkat dari driver yang lebih baik
c) Banyak aplikasi kantor yang kompatibel dengan windows
s) Mudah untuk digunakan, karena para pengguna sudah terbiasa dengan tampilan windows

View user profile

42 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Mon Dec 15, 2014 11:07 am

menurut saya merancang Perangkat yang nyaman & aman digunakan oleh pengguna
- memperbaiki safety, utility, evektif, evesien dan usability sistem yang berkaitan dengan komputer.
- membuat sistem mudah untuk dipelajari dan digunakan.
- harus memperhatikan aspek-aspek secara psikologi, juga memperhatikan lingkungan kerja.
- Membangun teknik-tekni dan tool-tool untuk membantu perancangan (sesuai dengan manusia yang menggunakannya)
- Intinya membuat user menjadi mudah menggunakan system.
contoh :
*jaringan mobile yang terhubung melalui satelit.
*ms.office aplikasi yang telah dilengkapi fitur mudah dan aman digunakan


::Johan Kurniawan Saputra/TI-S1*M2/12.5.00152::

View user profile

Sponsored content


View previous topic View next topic Back to top  Message [Page 2 of 2]

Go to page : Previous  1, 2

Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum