Kuliah Sinus

Merupakan halaman diskusi kuliah bersama di Kuliah Sinus STMIK Sinar Nusantara dengan Dosen Hendro Wijayanto, S.Kom


You are not connected. Please login or register

Perbandingan Interface iPhone dan Blackberry

Go to page : 1, 2  Next

View previous topic View next topic Go down  Message [Page 1 of 2]

1 Perbandingan Interface iPhone dan Blackberry on Mon Oct 20, 2014 9:42 am

Secara umum, iPhone dan blackberry merupakan produsen smartphone yang merancang sendiri hardware serta software OS nya. Sehingga kedua produsen tersebut memiliki lisensi sistem operasi berbayar dan close source. Seluruh perangkatnya dilindungi dari pembajakan, bahkan network securitynya diklaim paling handal dibanding produsen smartphone lainnya.

Jika dilihat dari sisi lain, yaitu sisi interface (tampilan hardware, tampilan software, antarmuka, dll) bagaimana menurut Anda sebagai pengguna?

View user profile http://kuliahsinus.indonesianforum.net

2 Yusuf Azis Hidayat >13.5.00079< on Mon Oct 20, 2014 8:04 pm

Yusuf Azis Hidayat wrote:menurut saya sebagai pengguna smart phone sih antara BlackBerry Z10 dan iPhone5 sama aja, semua smartphone kalau dilihat dari OS nya ada yang berbayar dan free, Indonesia pun banyak juga yang bisa memanipulasi atau hacker smartphone yang OSnya berbayar jadi Gratisan, bukan OSnya saja tetapi softwarenya pun juga.  Laughing   Smile   Rolling Eyes  

Dan tergantung kita juga sebagai pengguna smart phone yang cerdas, bukan hanya melihat spesifikasi lalu cocok setelah itu membeli, Laughing
kita lihat cara kerja kedepan pada smartphone, apakan bisa bertahan lama yang dengan spesifikasi pada smartphone itu atau berhenti di saat pengguna itu merasa bosan dengan smartphone yang bisa dikatakan harganya mahal, banyak orang menggunakan smartphone dengan memanfaatkan aplikasi yang sudah ada ataupun download di play store, ada juga menggunakannya gak biasanya seperti handphone lain yaitu FOTO/VIDEO, BBM, SMS, TELEPHONE, WHATSAPP, UPLOAD DAN DOWNLOAD, MP3 dan lain-lain, cyclops  biasanya pengguna smartphone cuman bergaya tanpa mengetahui apa kelemahan dan kelebihan dari smartphone. Laughing  Very Happy  affraid  lol!

Idea  Idea PERHATIAN !!! Idea  Idea  
hati-hati sebagai pengguna handphone atau smartphone kalian jangan terlalu berlebihan menggunakannya karena dapat juga merusak mata karena terlalu lama di layar smartphone atau saat telephone juga jangan terlalu dekat di telinga karena radisi panas smartphone bisa merusak saraf manusia, di dalam pembelajaran Interaksi Manusia dan Komputer juga sudah pernah dijelaskan dengan jelas.

__________________________
:::...YUSUF AZIS HIDAYAT...:::
:::::........13.5.00079.........::::
:::::::..........C-2............::::::
:::...TEKNIK INFORMATIKA..::::
::::::::::::Strata - 1::::::::::::
__________________________

View user profile http://www.yusufazishidayat.blogspot.com

3 Nur kholis on Tue Oct 21, 2014 5:45 am

menurut saya "sebuah perangkat itu tidak hanya di lihat dari sisi keggunaanya tapi juga di lihat dari sebuah tampilan maupun dari hadwarenya" jika dari sisi kecanggihan blacbery dan iphone tentunya keduanya mempunyai bakat masing-masing,,tapi kasus sekarang pengguna mudah bosan "bosan dari sisi hadware dan tampilan" maka dari itu saya memberi solusi supaya produsen menyediakan upgrade hadware dan upgrade antarmuka secara berkala. Surprised Exclamation

View user profile
Kita lihat dari sisi hardwarenya mungkin mereka sama-sama mengusung hardware yang lebih bagus dibanding produk lain. Dan yang paling mencengangkan dunia IT adalah, kedua produk tersebut memiliki enkripsi software & hardware yang tinggi. Tidak jarang teroris menggunakan kedua perangkat ini untuk melakukan komunikasi antar teroris lain.

Dari sisi tampilan, memang jauh lebih stylis dan elegan dibanding produk lokal. Mahalnya kedua produk tersebut memang dilihat dari sisi hardware&software yang handal. Tetapi menurut Anda, layar yang diberikan kedua produk tersebut sudah cukup atau kurang besar? dimana pemilik iPhone pernah melakukan jumpa pers bahwa TIDAK AKAN memproduksi iPhone dengan layar lebih dari 4,3inch.

View user profile http://kuliahsinus.indonesianforum.net

5 TI-S1 D on Tue Oct 21, 2014 2:28 pm

sebelumnya saya mau menanggapi komentar diatas. sebenarnya Display dari kedua smartphone diatas sudah menunjukan kalau kedua vendor diatas sudah memiliki level yang baik dimata para pengggunanya.namun menurut saya untuk lebih meyakinkan para penggunanya lebih baik salah satu vendor diatas lebih mengunggulkan desain dengan menunjukan sebuah ciri khas. dengan cara memberikan sedikit perbedaan dari para pesaingnya,sebagai contohnya sony. yang akhir-akhir ini memunculkan product xperia yang dikenal desainnya enak dilihat tapi simpel. seperti hanya persegi panjang biasa,namun sony memiliki trik untuk menarik pengguna seperti dengan memberikan ketahanan terhadap air untuk bebrapa tipe produk mereka. Tidak lama kemudian desain dari sony diatas sudah menjadi desain untuk para penirunya yang akhirnya meniru desain dari Sony Xperia. Basketball afro 14:27:592014-10-21

View user profile
Maaf saya akan menanggapi dari Admin. Menurut saya sebagai orang Indonesia layar 4.3" sudah cukup enak digenggam, karena mayoritas orang Indonesia yang mempunyai ukuran tangan yang bisa dibilang berukuran sedang.
Dari sisi lain, produsen iPhone yang sesuai namanya, pasti lebih berkonsentrasi memproduksi Hand Phone, dan HH sendiri pada umumnya memiliki ukuran yang enak dalam genggaman tangan, dibandingkan dengan tablet yang memiliki ukuran besar yang hanya bisa ditopang dengan tangan tanpa bisa digenggam dengan nyaman karena ukurannya

#IMHO Very Happy Arrow Shocked

View user profile
menurut saya pribadi perbedaan interface antara iphone dan blackbery,kalo iphone tampilan sederhanannya memiliki kelebihan untuk.diperlajari dan dipahami oleh orang awam sekalipun mereka baru memegang android dan langsung beroindah menjadi pengguna ios phone..sedangkan BB interfacenya bnyak menggunakan gestur jari..

View user profile
semua sudah tau jika ke 2 smartphone diatas memang memanjakan penggunanya!
jadi sisi interface (tampilan hardware, tampilan software, antarmuka, dll) ke 2nya tipe smartphone kelas atas dan hanya orang2 yg mampu membelinya dapat merasakan kecanggihan smartphone tsb.

View user profile http://begawanilmu.blogspot.com
kuliahsinus wrote:Kita lihat dari sisi hardwarenya mungkin mereka sama-sama mengusung hardware yang lebih bagus dibanding produk lain. Dan yang paling mencengangkan dunia IT adalah, kedua produk tersebut memiliki enkripsi software & hardware yang tinggi. Tidak jarang teroris menggunakan kedua perangkat ini untuk melakukan komunikasi antar teroris lain.

Dari sisi tampilan, memang jauh lebih stylis dan elegan dibanding produk lokal. Mahalnya kedua produk tersebut memang dilihat dari sisi hardware&software yang handal. Tetapi menurut Anda, layar yang diberikan kedua produk tersebut sudah cukup atau kurang besar? dimana pemilik iPhone pernah melakukan jumpa pers bahwa TIDAK AKAN memproduksi iPhone dengan layar lebih dari 4,3inch.

Menanggapi komentar kuliahsinus mengenai ukuran layar kedua produk diatas, ada sebuah survey yang di lakukan oleh Strategy Analytics User Experience dengan hasil survey bahwa ukuran yang pas bagi pengguna smartphone adalah antara 4 sampai 4,5 inch. Lebih dari 90% yang ikut survei ini merasa nyaman menggunakan layar ukuran tersebut.

Selain itu juga ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Flurry, sebuah perusahaan yang memberikan berbagai informasi mengenai pengguna kepada pengembang aplikasi, melakukan sedikit penelitian dari database yang mereka miliki, yakni Berdasarkan 200 model smartphone yang merepresentasikan 80 persen database yang dimilikinya, Flurry menyimpulkan, ponsel berukuran sedang, yaitu antara 3,5 hingga 4,9 inci, masih menjadi yang paling diminati. Pengguna aktif produk jenis ini mencapai 72 persen dan mendominasi tingkat distribusi perangkat dengan nilai 69 persen. Sedangkan untuk ukuran layar yang lebih kecil, yaitu di bawah 3,5 inci, memiliki tingkat distribusi sebanyak 16 persen dan 7 persen pengguna aktif.

Kalau bisa dikatakan untuk kedua smartphone tersebut dari sisi user interface ukuran layar sudah sangat cukup.

View user profile
kalau melihat userinterface kedua smartphone diatas dari sisi layar, maka semakin besar resolusinya bukan berarti gambarnya semakin halus. Halus tidaknya layar bergantung juga pada ukuran layar (dalam satuan inch).

Perbandingan ukuran layar dan resolusi layar akan menentukan kepadatan layar tersebut yang dinyatakan dengan satuan ppi (pixel per inch), semakin tinggi nilai ppi maka semakin padat dan semakin halus.

Contoh: resolusi 1080x1920 pixel dengan ukuran layar 5 inch akan menghasilkan kepadatan 441 ppi, resolusi 1080x1920 pixel dengan ukuran layar 15 inch akan menghasilkan kepadatan 146 ppi.

Dari contoh di atas kita bisa melihat dengan resolusi yang sama tetapi dengan ukuran layar yang berbeda maka menghasilkan kepadatan yang berbeda.

Semakin kecil ppi maka setiap pixel bisa semakin terlihat jelas. Mata manusia sendiri sudah tidak dapat melihat secara jelas per pixel nya jika kepadatan layarnya sudah di atas 300 ppi.

View user profile
Menurut pndapat sya,untuk interface masing2 os memiliki keunikan sendiri2,
Bb dengan icon2 uniknya,iphone dengan kemudahan dan dukungn multimedia yg baik.
Keduanya pstinya bertujuan untuk kenyamanan penggunanya.
Yg terpenting,pengguna tidak mrasa kesulitan dan bingung menggunakan os2 trsebut.trimakasih

View user profile
Untuk segi kecepatan dalam browsing iPhone 5 masih dibawah Blackberry Z10.
Untuk segi layarnya BlackBerry Z10 memiliki ukuran dan kerapatan layar yang lebih besar dari iPhone 5, 4,2 inci dan 356ppi berbanding 4 inci dan 326ppi. Sehingg untuk ketajaman dan kehalusan warna tetap bagus untuk BB Z10.

View user profile
untuk segi desain blackberry lebih unggul dari pada iphone, karena desain desain blackberry ada berbagai macam model dan bentuk sedangkan untuk iphone masih itu itu saja dari generasi 1 sampe generasi yang baru, untuk segi menu2 didalamnya iphone lebih menarik dibandingkan dengan blackberry, dan segi mutimedia menurut saya lebih baik blackberry , untuk iphone terkadang harus koneksi internet dahulu untuk memutar lagu.

Yohan Alief Rizaldy
13.5.00088

View user profile
kalau melihat dari gambar diatas lebih bagus iPhone karena tampilan menunya lebih sederhana dan tiap antar iconya pun ada space nya sehimgga akan memudahkan pengguna saat memilih menu, selain itu backgrounnya pun juga terlihat

View user profile
BlackBerry;
keunggulan pada fitur email, Keypad QWERTY, internetan. Tapi, para pengguna BB harus berlangganan paket internet unlimited bulanan, bila gak ya sama saja kayak ponsel lain biasa, untuk gamers BB kurang di minati karna BB kurang bagus dalam game

IPhone.
Tampilannya sangat bagus, semuanya menggunakan touchscreen dan untuk membuka atau melihat foto, tinggal digesek ke kiri, kanan atau atas, bawah. Anggap saja jari Anda adalah tombol navigasi, untuk gamers iphone tidak di ragukan tapi di sayangkan hampir game bagus berbayar smua.

Rachman Kurniawan
13.5.00058
TI-S1 C

View user profile
Layar 4.3 inci mungkin lebih mudah dibawa kemana" digenggam,disaku,lebih nyaman dan praktis bagi pengguna...dan jika menginginkan layar yang lebih besar perusahaan tsb menyediakan iPad sebagai solusinya. Jadi intinya perusahaan tsb lebih memanagement kebutuhan bagi para usernya iPhone = kecil,iPad = Besar (sesuai kebutuhan user)

View user profile
Blackberry dan IPhone..dua handphone yang familiar dan banyak orang ingin..Blackberry dan IPhone itu bersaing,ada hal yang diunggulkan disetiap tipe handphone yang dikeluarkan..seperti yang telah di paparkan oleh mas Rachman Kurniawan di atas ada kelebihan dan ada kelemahan nya..tapi menurut saya dari segi interface Blacberry lebih unggul karena bentuk fisiknya tidak melulu seperti IPhone..dan lebih banyak teman saya yang pakai Blackberry dibanding memakai IPhone Laughing ..tetapi alangkah lebih baik jika kita menjadi pengguna yang cerdas bounce lihat kebutuhan smartphone yang akan digunakan dan tentunya dalam hal positif Very Happy
~~Terima Kasih

==>> Laughing NovitSari Azizah Laughing <<==
====>> Laughing 13.5.00094 Laughing <<====

View user profile
kalau dilihat, sepertinya blackberry memang lebih unggul dibanding dengan iphone, tapi dari segi aplikasinya saya lebih berat ke i phone nya Rolling Eyes
untuk ukuran layar, saya juga setuju dengan pendapat teman teman di atas, i phone dan blackberry di atas memang dirancang untuk pas digenggaman tangan. lagipula seperti yang admin katakan, pihak iphone juga ngga akan memproduksi layar yg lebih besar dari itu.. pasti pihak mereka juga punya pertimbangan kenapa ukurannya hanya segitu
jadi menurut saya ya fine fine aja.. Surprised tinggal minat dan kebutuhan pengguna, mau pilih yang blackberry atau iphone nya Very Happy Very Happy
13.5.00158

View user profile
Menurut saya ukuran smartphone ini sudah mempunyai ukuran yang ideal utk digunakan,& jikapun ukuran nya akan dijadikan lebih besar lg justru itu akan membuat smarthphone ini menjadi sedikit sulit & tdk flexible lg utk digunakan.
Dan utk tampilannya saya lebih menyukai iphone dr bb z10 karena tampilan terlihat sederhana & mudah diterima oleh mata.

Nama : Ganjar Ariyoyo
NIM : 13.5.00174
Kelas : TI - A - S1

View user profile
kalau menurut saya
blackberry pada interfacenya mudah digunakan dan apabila sharing data dengan smartphone lain lebih mudah
sedangkan iphone menurut saya pada saat sharing data contohnya melalui bluetooth apabila bkan produk dari apple maka tidak bisa langsung,harus melalui aplikasi penghubung terlebih dahulu.
tapi dari sisi keamanan kedua produk ini bisa d andalkan

View user profile

21 Re: Perbandingan Interface iPhone dan Blackberry on Mon Nov 03, 2014 10:29 pm

menurut saya jika dilihat dari sisi interface... Iphone5 lebih nyaman dan enak dipandang adapun untuk sisi yang lainnya belum bisa memastikan. Very Happy

View user profile
sebenar nya kekuatan mesin pada 2 smartphone ini memiliki performa yang hampir sama. tetapi pada blackberryz10 lebih unggul karena blackbbery z10 memiliki prosesor dual core 1,5 Ghz dan 2GB RAM, sedangkan iphone 5 hanya mempunyai dual core 1,2 GHz dan 1 Gb RAM. tetapi menurut saya pada blackberry z10 penggunaannya terlalu ribet karena tidak ada tombol backnya yang di ganti dengan menggeser layar ke atas untuk keluar dari sebuah aplikasi. dan untuk kamera pada kedua smartphone di atas memiliki resolusi yang sama yaitu 8 megapixel, iphone 5 lebih unggul karena memiliki program untuk menghasilkan foto dalam berbagai mode seperti high definition resolution sehingga akan lebih menarik bagi pengguna yang suka berfoto.

Bunga Aprilia Sarojo
13.5.00019

View user profile
Adalah bukti nyata keinginan Blackberry untuk bersaing dengan perusahaan seluler lainnya dalam mengantisipasi keinginan pasar. Untuk pertama kalinya Blackberry mampu memberikan layar sentuh yang responsif dan membuang keypad Qwerty yang sudah lama menjadi ciri khas ponsel mereka.
Mari kita mulai dengan kekuatan mesin 2 ponsel pintar ini, Z10 sedikit lebih unggul dengan Dual Core 1,5 GHz dan 2 GB RAM dibandingkan dengan iPhone 5 yang hanya mengusung Dual Core 1,2 GHz dan 1 GB RAM. Walaupun kekuatan mesin sangat terpengaruh Sistem Operasi masing-masing ponsel yang tidak bisa dibandingkan. iOS akan menjadi pilihan konsumen yang menyukai Grafis dan Interface yang menawan dari iPhone 5. Sementara yang menyukai Sistem Operasi Blackberry terutama mengincar Blackberry Internet Service dan Push Emailnya yang mumpuni.
Jika dibandingkan dengan Z10, iPhone 5 lebih unggul dalam inovasi. Siri adalah salah satu aplikasi yang tidak bisa ditandingi oleh Z10. Selain itu walaupun sama-sama memiliki kamera dengan resolusi 8 megapixel, iPhone 5 memiliki program untuk menghasilkan foto dalam berbagai mode seperti Panorama dan High Definition Resolution yang akan menarik perhatian pengguna ponsel yang menyukai fotografi.
Kemudian jika berbicara mengenai harga maka iPhone memang sedikit lebih mahal, tetapi dengan layanan purna jual domestik dan internasional yang terjamin, Apple tetap masih layak untuk harga yang sedikit lebih mahal. Selain itu sudah bukan rahasia lagi kalau produk Apple harga jual kembalinya lebih baik daripada ponsel dari pabrikan lain. Tetapi untuk publik Indonesia, Blackberry masih memiliki taji dalam penjualan. Kesimpulannya, jika anda membutuhkan ponsel untuk bisnis yang memungkinkan akses email dan internet maka Blackberry Z10 tepat untuk anda. Jika anda menginginkan Ponsel cantik dengan fitur dan aplikasi yang menghibur maka silakan pilih iPhone 5.

View user profile
Interface sistem operasi yang digunakan perangkat iPhone dari Apple bisa dikatakan tak berubah banyak sejak pertama kali diperkenalkan 2007 silam.
Dibandingkan OS lainnya, tampilan iOS terlihat sederhana dengan deretan icon aplikasi dan folder yang langsung menyambut pengguna.
Tak banyak pula yang bisa dikustomisasi, kecuali hal-hal kecil seperti wallpaper dan letak susunan icon.
Tapi kesederhanaan ini memiliki kelebihannya sendiri karena iOS jadi mudah dipelajari dan dijelajahi, bahkan oleh pengguna yang baru menggunakan smartphone sekalipun.
BlackBerry menempuh caranya sendiri dengan menerapkan interface yang sarat dengan navigasi melalui gestur jari pengguna. Tak ada tombol "home" atau "back" yang bisa ditekan, semuanya mengandalkan gerakan tangan.
Untuk layar utamanya, BlackBerry 10 mirip dengan iOS serta Android dengan susunan icon aplikasi yang berderet rapi memenuhi layar.
sebenarnya sama saja sih semua smartphone tergantung manusia yang memakai..hehe Laughing afro cyclops

flower 13.5.00010 flower

View user profile
Secara tampilan awal kelebihan terletak di Blackberry karena layarnya yang lebih lebar daripada I-Phone.. Tetapi mungkin untuk standar OS ada perbedaannya .. karena OS yang dipakai kedua phone ini berbeda.
Secara tidak langsung phone ini juga tergolong sangat mahal ..
sehingga untuk mendapatkan ponsel sejenis ini pun juga harus melihat spesifikasinya..
tapi menurut saya., sesama touchscreen tetapi keunggulannya saya lebih memilih Iphone 5 yg bisa dihandalkan secara spesifikasinya .. Very Happy Laughing

-- Rahmawati Sri Octaviani ---13.5.00099 --
-- TI-S1 -- C2 --

View user profile

Sponsored content


View previous topic View next topic Back to top  Message [Page 1 of 2]

Go to page : 1, 2  Next

Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum