Kuliah Sinus

Merupakan halaman diskusi kuliah bersama di Kuliah Sinus STMIK Sinar Nusantara dengan Dosen Hendro Wijayanto, S.Kom


You are not connected. Please login or register

Jendela vs Linux

Go to page : Previous  1, 2, 3  Next

View previous topic View next topic Go down  Message [Page 2 of 3]

26 RE:Jendela vs Linux on Tue Oct 28, 2014 3:57 am

1.jika kita lihat diindonesia memang benar dikarenakan menggunakan windows ataupun linux menurut saya sama-sama tidak berbayar...tapi coba kita lihat diluar negeri banyak universitas yang ternama saling berlomba mengembangkan linux sebagai media operasonalnya.
2.mungkin tampilan window lebih sederhana dan mudah untuk dipahami ,dari softwarepun banyak yang lebih support ke windows,itu mungkin yang menyebabkan lebih familiarnya window daripada linux terutama di indonesia

View user profile

27 Re: Jendela vs Linux on Tue Oct 28, 2014 9:54 am

menurut saya karena masyarakat di indonesia trutamanya... dr dl sudah terbiasa dngn windows .. dan interface lbh mudah di pelajari..

View user profile

28 Re: Jendela vs Linux on Wed Oct 29, 2014 9:43 am

Menurut saya ,karena Mayoritas masyarakat kebanyakan memaikai OS Windows dibanding menggunakan OS Linux ,disamping itu waktu seseorang baru belajar atau diperkenalkan pada dunia komputer biasanya menggunakan OS Windows ..
Kemudian dari segi tampilan nya,windows lebih mudah diterima dari pada Linux,serta dalam penggunaanya OS Windows lebih mudah digunakan dan dimengerti dari pada OS Linux Wink

--Ganjar Ariyoyo--
--13.5.00174--
--TI - S1 --

View user profile

29 Re: Jendela vs Linux on Wed Oct 29, 2014 2:43 pm

Karena Windows lebih familiar dan lebih banyak digunakan dikalangan akademis, itu faktor yang membuat kenapa Windows lebih digemari daripada Linux. Menilik dari kinerja Windows sendiri yg user - friendly yg mudah digunakan oleh user, dukungan hardware dan aplikasi yang lebih komplit dan lebih banyak, mendukung sistem berkas terenkripsi pula. Very Happy

View user profile http://synyster.rendezvous@gmail.com

30 Re: Jendela vs Linux on Thu Oct 30, 2014 8:08 am

bagas artombo 13500016 wrote:menurut saya , seharusnya dijaman yang sudah serba instan ini, produsen atau distro-distro Linux mengeluarkan OS versi baru yang diaplikasikan di PC, dimana OS tersebut harus bisa memudahkan para penggunanya ,baik secara navigasi maupun interface. Sebab OS Linux pada PC selama ini masih banyak  menggunakan sintaks dalam proses penggunaannya , Dan dari segi kompatible terhadap software aplikasi yang bnyak digunakan saat ini, Linux masih sangat-sangat kurang kompatible.. tapi dibalik beberapa kelemahan tersebut bagi para pengguna linux, linux sangat menguntungkan dalam bidang hacking dan blm ada virus yg bisa merusak OS linux.

Bagas 13.5.00016
Jika mau mencoba dan meneliti, installasi linux saat ini jauh lebih mudah daripada dahulu. Sekarang hanya tinggal klik next dan klik next layaknya installasi os jendela. Mungkin yang belum familiar adalah soal partisi os linux yang berbeda dengan os jendela. Installasi software pun kini tak sesulit dahulu, sekarang banyak dari distro-distro linux menyertakan software center layaknya smartphone android (yang basic-nya juga unix, tapi kita semua pada akhirnya bisa memakai android kan ?). Masalah dukungan hardware pun kini sudah banyak disupport  di kernel terbaru linux.
Di beberapa negara, bahkan linux digunakan di instansi-instansi pemerintahan dalam rangka menghemat anggaran. Dalam masalah interface, linux sekarang tidak kalah menarik dibanding tampilan os berbayar macam jendela dan apel kroak.
#maap kalau oot

View user profile

31 Re: Jendela vs Linux on Thu Oct 30, 2014 9:59 am

Menurut saya linux tidak kalah populer dengan Jendela... hanya saja pemula lebih awal dikenal dengan jendelaOS, contoh saja sejak pertama kali saya belajar komputer guru saya yang mengajari lewat jendela OS. dari segi IMK linung memang perlu di setting manual jadi lebih rumit menurut yang masih awam.

View user profile

32 Re: Jendela vs Linux on Thu Oct 30, 2014 1:28 pm

menurut saya,
windows itu lebih terkenal atau familiar di dalam sebagian besar pengguna komputer karena windows yang mudah untuk di operasikan, lebih ringkas, bisa di gunakan oleh beberapa bidang seperti programer bisa menggunakan windows, multimedia juga bisa menggunakan windows, dan perkantoran pun juga bisa menggukan windows. walau windows sebenarnya berbayar, sebagai target bagi pembuat virus,

linux itu biasanya bagi orang orang di rasa ribet. karena jika mengistall linux biasanya di ribetkan dengan repo, untuk melengkapi installasi driver dan yang lainya untuk proses installasi, selain itu banyaknya distro linux yang membuat para pemula bingung harus memilih distro linux yang mana, tapi di balik kekurangan itu linux itu open source, jadi bagi mereka yang tau dan ingin mengembangkan Sistem Operasi bisa menggunkan linux, hal itu juga yang menyebabkan kenapa banyak distro linux yang bermunculan, dan setiap distro linux itu mempunyai keunggulan masing masing. seperti untuk server, desktop, programer, keamanan, dan untuk hacking. pada intinya linux itu unggul dalam koding, jd pengguna bebas mau menggunakan linux untuk apa, karena dengan koding pengguna dapat lebih leluasa mengedit, berbeda degan windows yang berbayar dan jika kita mengubah windows maka kita terkena undang-undang hakcipta.

#hidup pengguna linux, krn saya pengguna linux Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Laughing Laughing Laughing Laughing

View user profile

33 Re: Jendela vs Linux on Thu Oct 30, 2014 9:10 pm

kuliahsinus wrote:Dengan berbagai komentar diatas bahwasannya Faktor Manusia (KEBIASAAN) mempengaruhi penggunaan interface. Walaupun interfacenya bagus kalau tidak terbiasa pasti juga akan merasa sulit. Dan itu masuk ke hal penting manusia dari sisi Pengelihatan.

Seandainyaaaa..... Linux didesain sedemikian rupa mirip dengan windows interfacenya, apakah pengguna windows juga akan merasa nyaman menggunakan Linux yang mirip dengan windows tersebut?



http://masthink.files.wordpress.com/2012/06/vixta.jpg

menurut saya dengan tampilan yang mirip windows seperti diatas user awam pun kemungkinan tidak asing untuk menggunakan karena secara mayoritas dari segi tampilan sudah cukup mirip dari segi pemakaian mungkin tidak bingung, tapi dari segi aplikasi akan kesulitan karena seperti yang diketahui under windows semua aplikasi berformat .exe sedangkan di linux sendiri tidak bisa menjalankan aplikasi .exe tanpa emulator wine. cheers cheers cheers

HENKI WISNU SUBAKTI
12.5.00146
KELAS D2

View user profile http://www.henki-subakti.blogspot.com

34 Re: Jendela vs Linux on Sat Nov 01, 2014 2:15 am

karena windows tidak banyak menggunakan interface ,sedangkan linux banyak sekali menggunakan interface dan dari segi pemakainyapun lebih mudah windows ketimbang linux.
maka dari itu, kenapa para pengguna lebih memilih windows ketimbang linux.



Evan Krisna B
13500166
A1/TI-S1

View user profile

35 Re: Jendela vs Linux on Sat Nov 01, 2014 6:18 am

menurut saya , jika linux di bikin seperti windows sebagian orang akan mencoba memakai linux, setau saya juga linux interfacenya menarik dan sedikit unix juga , dari aplikasinya pun sudah berbeda dengan windows. linux pun gratis, lebih aman terjauh dari windows dan tidak akan ada razia sofware bajakan kalau memakai linux,  tapi itu menurut saya Shocked


meilany fitta N.s
13.5.00043

View user profile

36 Re: Jendela vs Linux on Sun Nov 02, 2014 7:44 pm

mungkin diera kemajuan teknologi seperti sekarang masih banyak orang awam yang cenderung tidak mau tahu apakah itu linux karena user sering dimanjakan dengan tampilan windows.

(13.5.00050)

View user profile

37 Re: Jendela vs Linux on Mon Nov 03, 2014 9:39 pm

menurut saya ,karena sudah terbiasa dalam menggunakan windows
dan pada saat membeli laptop atau pc OS yang digunakan adalah windows jadi para pengguna lebih nyaman menggunakan windows
dan windows lebih umum digunakan daripada linux

View user profile

38 Re: Jendela vs Linux on Tue Nov 04, 2014 11:05 pm

menurut saya dari kecil kita lebih dikenalkan pada OS windows,karena terbiasa dan umum untuk digunakan,walaupun OS windows berbayar tetapi banyak OS windows bajakannya
sedangkan pada linux kita tidak terbiasa dan jarang digunakan pada umumnya.
walaupun linux gratis dan dapat dikembangkan sendiri ,tetapi kalah saing dengan windows yang lebih umum digunakan

View user profile

39 Re: Jendela vs Linux on Wed Nov 05, 2014 1:03 am

orang indonesia jarang yang mengenal bahkan tidak mengenal linux sebenarnya hanya masalah kurangnya sosialisasi saja, karena percuma saja kalau penampilan linux dibuat seperti selera masyarakat (mirip jendela) namun tidak ada sosialisasi. contohnya saja salah satu distro linux bernama  lindows (linux-windows) yang memiliki tampilan mirip windows dan bisa menjalankan aplikasi windows juga masih asing di telinga masyarakat


tampilan lindows os4

View user profile
Munurut saya, karena Sistem Operasai Windows jauh lebih mudah, baik internface dan fungsi kegunaan sangat memudahkan user, dibandingkan linux yang lumayan agak ribet, tentu user akan memilih yg lebih mudah digunakan dari pada yg sulit,..

bounce tetapi keduanya memiliki sisi kelebihan dan kekurangan,
menurut sy, windows ini memang mudah, karena instalasi mudah, aplikiasi cukup byk dan byk tugs yg dpt diselesaikan dgnya, tp sayang, windows jauh lebih byk virusnya dibandingkan dg linux, yg sangat sedikir virus bahkan ndk ada,..

kenapa linux sidikit user karena installnya ada susah dan ada yg mudah, apa lagi install aplikasi pke terminal, wah menyulitkan bagi mereka yg awan, dg perintah kyk gt an, terus linux aplikasinya msh lumayan, tp disamping itu linux jauh lebih aman karena hampir tdk terdetaksi virus disana,,terus linux boleh di kembangkan karena licensi GPL dan linux juga sekaregn udh byk versinya,.

*) jika disuruh pilih antara windows dan linux Shocked
maka saya pilih keduanya dijadikan 1 = jd sy pengen ada SO yg bs kyk windows, linux bahkan kayak mac os x,

akan kah masa depan nnt ada ? itu harapanku atas dunia IT, yakni menggabungkan Windows + Linux + Mac OSX

akan kah suatu saat nanti itu terjadi ?
kapana ya ?

Smile
WaAllahu'Alam


@Muqorobin ~ 11.5.00050 ~ TI-S1 ~ Kelas : A2

View user profile

41 Re: Jendela vs Linux on Thu Nov 06, 2014 7:24 pm

Bukan memikat dari sisi interface sebenarnya, jika berbicara interface sangat jauh lebih menarik tampilan linux.
iyapun memikat dari interface jika saya boleh berasumsi memang dikarenakan karena kebiasaan dari awal. Guru2 kitapun dari awal menggunakan jendela dan akhirnya kita juga paham pertama kali dengan jendela dan akhirnya familiar karena sering menggunakan. Nahh padahal berbayar, berbayar disini kita paham mungkin jg baru usia2 smp dan akhirnyaaaa kita kenal yang namanya ilegal di Indonesia dah marak, bukan hanya software , sistem operasi sekelas jendela pun akhirnya bisa.
Nahh di atas saya katakan kenapa lebih sangat menarik linux dari segi interface?? karena banyak sekali pilihan dengan namanya compiz Smile Silahkan utek-utek di compiz kalau ingin menarik dari segi interface. Nahh seandainya kita kenal dari diajari awal hingga kita pake sekarang dengan linux insyaAlloh juga kita lancar mengoperasikan seperti kita pakai jendela sekarang. Nahh dari segi berbayar Linux opensource, gratiisss Smile
Saran kalau yang pengen nyoba pakai linux pertama kali, coba pake Zorin Linux interface mirip dengan win7 jadi mungkin lebih memudahkan dulu untuk memulai menggunakan Linux.
Terima Kasih
Muhammad Sholahuddin Al Ayubi 11.5.00123

View user profile

42 Re : Jendela vs Linux on Sun Nov 09, 2014 9:34 am

Ini sebenarnya bukan masalah bagaimana tampilan di windows ataupun di linux, akan tetapi lebih ke mainset dan kebiasaan masyarakat Indonesia yang melulu Windows. Karena benar apa yang dikatakan teman-teman diatas, karena dari mulai kecil, kita sudah diajarkan tentang bagaimana Windows bekerja dan apa saja aplikasi yang dapat dilakukan di OS Windows.
Sekali lagi, itu tergantung dari bagaimana orang menciptakan mainset.
Dan apabila Linux dibuat tampilannya sedemikian rupa mirip dengan Windows pun, masyarakat yang terbiasa dengan Windows juga tidak akan banyak bertindak untuk beralih menggunakan Linux, karena mereka sudah nyaman dan terbiasa dengan Windows.

Terima kasih. Smile

:: Imanjoko :: 12.5.00047 ::

View user profile

43 Re: Jendela vs Linux on Wed Nov 12, 2014 9:27 pm

Jika Anda perhatikan, banyak sekali pengguna komputer yang menggunakan sistem operasi Windows. Hanya sedikit yang menggunakan Linux. Dilihat dari sisi interface, apa yang menyebabkan Windows sukses dalam memikat pengguna dari sisi interface, padahal jika kita ketahui bahwa Windows merupakan sistem operasi berbayar. wrote:

Menurut saya dikarenakan interface windows yang user friendly dan mudah digunakan, baik untuk user pemula maupun yang sudah expert dalam komputasi yang menyebabkan windows lebih sering digunakan oleh para pengguna komputer saat ini. selain itu dalam developmentnya juga membedakan karena Linux yang merupakan open source sehingga terkadang interfacenya pun kadang terlihat ala kadarnya, walaupun sebenarnya ada beberapa jenis linux yang tampilannya juga sudah bagus. selain itu , interface yang dimiliki oleh windows akan selalu berkembang sesuai dengan seri windowsnya dan juga kebutuhan manusia yang dinamis yang membutuhkan tampilan suatu sistem operasi yang tidak terlalu sulit dalam pengoperasiaannya. dan berbeda dengan linux yang terkadang hanya mengutamakan fungsi dari suatu OS daripada tampilan OS tersebut. Dan juga Dalam penggunaan secara luas, masyarakat lebih sering menggunakan Windows.

View user profile

44 Re: Jendela vs Linux on Fri Nov 14, 2014 11:54 pm

Menurut saya windows system operasi yang user-friendly, bersahabat dengan user, karena tampilannya tidak membingungkan bagi pengguna komputer pemula, dibandingkan dengan linux, pasti new user akan memilih operasi windows Very Happy
Ariesta Fitianto
13.5.00129

View user profile

45 Re: Jendela vs Linux on Sat Nov 15, 2014 11:15 am

menurut saya, ini disebabkan karena sudah banyaknya pengguna yang lain ataupun kita dari kecil lebih dikenalkan ke windows. dari segi tampilannya windows dan linux sama-sama menarik, akan tetapi windows mempunyai interface lebih simple dan icon yang tersediapun lebih mudah dipahami bagi pengguna awal. windows juga support untuk pemasangan software apapun, sedangkan linux masih banyak yang harus diperbaiki misalkan support untuk pemasangan software-software jadi tidak hanya file-file dengan format tertentu saja yang bisa dibuka atau diakses di linux.

Rizki Nurrohim (12.5.00176)

View user profile

46 Re: Jendela vs Linux on Mon Nov 17, 2014 10:49 am

Dari segi tampilan saja windows lebih menarik dari pada linux, untuk pengoperasiannya pun juga mudah bagi anak kecil yang baru belajar atau orang awam, bahasanya juga mudah untuk dipahami dan langkah untuk menggunakanya juga mudah dihafalkan.
Walaupun sistem operasi linux mempunyai kelebihan yg tidak mudah terserang virus dan merupakan OS yg gratis, tapi linux perlu mengembangkan OSnya agar lebih menarik dari interfacenya

Kurnia Martha
(12.5.00157)

View user profile

47 Re: Jendela vs Linux on Tue Nov 18, 2014 7:06 pm

ini mungkin karena Windows adalah yang paling banyak digunakan sistem operasi di dunia, digunakan oleh sebagian besar kalangan baik di dunia bisnis bisnis, institusi akademik (seperti sekolah dan universitas) dan rumah. Hal ini dianggap sebagai sistem user friendly sangat dan ada banyak versi yang berbeda di luar sana untuk memenuhi kebutuhan setiap pengguna, untuk penggunaan apapun. namun di LInux
tidak semua aplikasi atau software bisa diinstal di linux mungkin itu yang menyebabkan orang lebih suka menggunkan windows.

Riski Lunika Parmawati 13.5.00116

View user profile

48 Re: Jendela vs Linux on Wed Nov 19, 2014 5:49 am

Dari segi penggunaan windows lebih unggul karena ada beberapa fatktor salah satunya adalah kebiasaan. Namun Linux perlu update driver dan installasi yang lumayan memusingkan untuk pengguna awam. Dari segi interface windows memiliki icon-icon yang memang sudah di kenal dari zaman dahulu, sedangkan linux berinovasi untuk membuat icon yang sedikit dimodivikasi sehingga terkesan berbeda.
Kemudian versi linux juga berpengaruh, karena sifatnya yang open source menyebabkan versi-versi linux yang banyak bermunculan sehingga membuat pengguna awam bingung untuk menentukan yang mana, namun windows yang milik perusahaan dan versinya akan release di sertai demo, maka pengguna akan mudah terbiasa di bandingkan dengan OS "lepas" seperti linux.
-Purwo H (11.5.00055)-

View user profile

49 Re: Jendela vs Linux on Wed Nov 19, 2014 6:05 pm

yang pertama karena linux lebih sulit pemakaiannya daripada windows
-dalam sistem konfigurasi windows sudah menerapkan sistem config with click berbasis grafis
-sedangkan dalam linux harus menyunting driver secara manual melalui command line

dalam linux sering kali, mengalami masalah dengan hardware support, dikarenakan pengembang hardware lebih memilih sistem operasi windows karena mencari target pembeli yang telah nyaman dengan windows

Danar Ardi Pranata - 10.5.00016

View user profile

50 Re: Jendela vs Linux on Fri Dec 12, 2014 8:25 pm

user friendly penggunaannya dibandingkan dengan sistem operasi yang lain, karna memang selama ini memang di ajari bagaimana menggunakan windows. dan banyak sekali lembaga-lembaga pendidikan yang mengajarkan materi komputer dengan menggunakan sistem operasi windows Smile
Instalasi Software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain Smile
berikut penjelasan nya Very Happy
beberapa alasan kenapa orang tetap memilih Windows daripada Linux:

1.Tenaga ahli Windows lebih banyak, Fakta bahwa orang yang menguasai windows lebih banyak daripada orang yang mahir Linux. Windows lebih mudah untuk dikelola.
2.WIndows lebih mudah digunakan, Sebagian orang sudah akrab dengan menu Start, Task manager dan system tray. Sebagian mulai menyukai gadget, generasi muda tidak pernah menggunakan MS-DOS, hal ini membuat kita tidak nyaman saat menggunakan command-line pada Linux. Meski Linux telah berevolusi, masih banyak hal di Linux harus dilakukan secara manual, seperti instalasi program.
3.Lebih banyak software untuk Windows, Fakta ini sudah jelas, lebih banyak software berkualitas tersedia untuk sistem Windows. Game terbaru tidak didukung Linux. Memang software Windows bisa dijalankan di Linux dengan memanfaatkan Wine.
4.Hardware yang terus maju, Hardware yang semakin maju mematahkan argumen Linux yang mengutamakan penggunaan hardware yang rendah. Sekarang bahkan tersedia processor Quad core dan RAM 8GB pada Laptop. Untuk apa menggunakan Linux pada sistem ini?
5.Linux masih terburu-buru, Terlalu sulit untuk mengikuti perkembangan Linux. Setiap perkembangan baru tetapi mungkin belum diuji menyebabkan perubahan yang cepat namun tidak konsisten. Pengguna harus berebut untuk mengikutinya.
study

View user profile

Sponsored content


View previous topic View next topic Back to top  Message [Page 2 of 3]

Go to page : Previous  1, 2, 3  Next

Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum