Kuliah Sinus

Merupakan halaman diskusi kuliah bersama di Kuliah Sinus STMIK Sinar Nusantara dengan Dosen Hendro Wijayanto, S.Kom


You are not connected. Please login or register

Faktor Manusia dan Komputer

Go to page : 1, 2  Next

View previous topic View next topic Go down  Message [Page 1 of 2]

1 Faktor Manusia dan Komputer on Wed Oct 15, 2014 11:43 pm

Bagaimana menurut Anda merancang Perangkat yang nyaman & aman digunakan oleh pengguna? Jelaskan dengan memberikan contohnya !

View user profile http://kuliahsinus.indonesianforum.net

2 Daniel C A < 11.5.00020> on Thu Oct 16, 2014 11:39 pm

Dengan merancang perangkat yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dengan tingkat keamanan yang memadai di era teknologi yang semakin berkembang.
Contohnya:
di era perkembangan CPU yang semakin tinggi ini, kita mengenal adanya intel core I series maka dari itu beberapa pengembang mengembangkan sistem operasi Windows 10 yang mampu di gunakan pada platfom komputer yang telah mendukung intel I series sebagai CPU nya  

View user profile

3 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Sat Oct 18, 2014 2:33 am

Perancangan antarmuka atau desain interface merupakan bagian
dari sistem yang digunakan untuk komunikasi antara user dengan system,
JADI tampilan perangkat utama itu mempunyai daya tarik 50% untuk menarik minat pengguna
contoh: perangkat gadget hp tablet netbook

View user profile http://begawanilmu.blogspot.com

4 Wahyu Utomo on Mon Oct 20, 2014 10:31 am

kuliahsinus wrote:Bagaimana menurut Anda merancang Perangkat yang nyaman & aman digunakan oleh pengguna? Jelaskan dengan memberikan contohnya !
Menurut Saya Perancangan Peralatan yang nyaman dan aman itu dimana peracangan tersebut lebih mengutamakan kebutuhan pengguna dan memetingkan tingkat kesehatan dan physcologynya...
contoh : penggunaan warna putih pada background windows explorer lebih nyaman dan bersahabat dengan mata daripada menggunakan warna merah..

View user profile

5 dwi tri laksono/13.5.00026 on Mon Oct 20, 2014 10:55 am

bekerja di antara dua perangkat yang berdekatan (biasanya dengan jarak beberapa sentimeter)

contoh melalui nirkabel  WiFi, Bluetooth, UWB atau ZigBee affraid affraid

View user profile

6 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Mon Oct 20, 2014 4:21 pm

kuliahsinus wrote:Bagaimana menurut Anda merancang Perangkat yang nyaman & aman digunakan oleh pengguna? Jelaskan dengan memberikan contohnya !

Menurut Saya merancang perangkat yang baik itu harus sesuai dengan kebutuhan pengguna, bukan hanya membuat tanpa melihat permasalahan pada perangkat tersebut tetapi juga harus mengetahui permasalahan dimana suatu perangkat tersebut kalau terjadi crash atau troble bisa diperbaiki kembali dan didalam tingkat keamanannya juga diperhatikan agar tidak terjadi kesalah pahaman atau hacker yang mencoba merusak perangkat yang telah kita racang. dari segi kesehatan di dalam merancang sebuah perangkat juga harus mengetahui dari aspek warna, tatap muka yang baik, tampilan serta pencahayaan yang ada di dalam perangkat tersebut,. diera teknologi yang semakin berkembang pesat, dan dengan berbagai perkembangan perangkat lunak atau keras juga perlu yang namanya update atau memperbarui perangkat yang kita rancang...


contoh : lihat saja microsoft office dari tahun ke tahun perusahaan microsoft merancang perangkat yang memudahkan penggunanya dalam segi kebutuhan, disitu sudah komplit yang nantinya akan digunakan oleh user / pengguna......

__________________________
:::...YUSUF AZIS HIDAYAT...:::
:::::........13.5.00079.........::::
:::::::..........C-2............::::::
:::...TEKNIK INFORMATIKA..::::
::::::::::::Strata - 1::::::::::::
__________________________

View user profile http://www.yusufazishidayat.blogspot.com

7 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Mon Oct 20, 2014 6:09 pm

kuliahsinus wrote:Bagaimana menurut Anda merancang Perangkat yang nyaman & aman digunakan oleh pengguna? Jelaskan dengan memberikan contohnya !


menurut saya merancang perangkat yang nyaman itu mementingkan kebutuhan dari user menarik minat user sehingga berlama-lama memakai perangkat tersebut,
selain itu juga aplikasi perlu mempertimbangkan tingkat kecanggihan spesifikasi perangkat yang dipakai user,..
dan juga pengembang atau developer harus memperbaiki celah keamanan dan bug yang ada di perangkat dan aplikasi yang di kembangkan...
untuk itu diperlukan peninjauan ulang dan memperbaiki perangkat menjadi perangkat yang sempurna

contoh: software adobe collection


Danar Ardi Pranata - 10.5.00016



Last edited by danarardi on Mon Oct 20, 2014 6:21 pm; edited 1 time in total (Reason for editing : add name and nim)

View user profile

8 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Mon Oct 20, 2014 8:29 pm

dlam menciptakan suatu perangkat..tentunya kita harus membuat suatu analisis sertta rancangan yg tepat.. suatu perangkat dibuat untuk membantu suatu tugas atau pekerjaan user ..maka dari itu perangkat dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan.. jika semua aspek yang diperlukan oleh user sudah terpenuhi yg tentunya harus melewati proses analisis, maka dengan demikian suatu perangkat ini sudah bisa dikatakan aman dan nyaman.. contohnya perangkat robotik yang sekarang sudah banyak diaplikasikan di perusahaan-perusahaan komputer/otomotif... bagas artombo - 13.5.000.16

View user profile

9 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Tue Oct 21, 2014 10:11 am

Menurut saya, sebagai pengguna pastinya ingin menggunakan perangkat yang seseuai dengan kebutuhannya. Untuk mengetahui keinginan pasar atau pengguna haruslah melakukan survey pasar, jika perangkat itu banyak diminati di masyarakat maka bisa dikatakan perangkat itu bermanfanfaat dan dapat memudahkan pekerjaan masyarakat dengan perangkat yang disediakan tersebut. Lebih jelasnya bisa di contohkan sebagai berikut :

Misalkan saya membuat media pembelajaran untuk anak TK (Taman Kanak - Kanak), langkah pertama yang saya lakukan adalah melakukan survey ke sekolah TK tersebut dan melakukan uji coba media pembelajaran yang saya buat kepada si anak - anak, misalkan media belajar pengenalan warna kepada anak - anak, dengan tampilan yang menarik, maka akam memudahkan anak - anak untuk memahaminya, selain itu panduan penggunaan perangkat yang menggunakan audio akan lebih memudahkan anak - anak untuk memahami cara belajar dengan media pembelaaran ini. Selanjutnya minta pendapat kepada mereka tentang media pembelajaran tersebut. Jika dirasa masih kurang bisa dipahami oleh anak - anak maka segera di perbaiki lagi untuk memenuhi keinginan pasar.

View user profile

10 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Tue Oct 21, 2014 9:35 pm

menurut saya pribadi pak membuat perangkat yang aman dan nyaman itu bisa dilihat mudah ato tidaknya perangkat itu dibawa dan digunakan oleh user contohnya diluar negeri perangkat2 yang digunakan sesuai dengan fungsinya misalnya hp y digunakan untuk.sms dan telepon,tablet dan netbook digunakan untuk internetan dan mereka tidak sembarang saat menggunakan wifi gratisan pak demi keamanan datanya

View user profile

11 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Wed Oct 22, 2014 10:03 am

menurut saya untuk menciptakan Perangkat yang nyaman untuk pengguna adalah dengan penggunaan tampilan yang mudah dipahami dan dimengerti dan diusahankan dapat digunakan di spesifikasi manapun dalam artian memperringan kinerja perangkat kerasnya, misalnya menggunakan kata-kata yang mudah pipahami, tampilan yang tidak mati (warna dan kecerahan tidak singkron), dan yang terpenting adalah panduan bagaimana penggunaan Perangkat tersebut (Manual Book).

Sebagai contoh perangkat yang mudah dipahami adalah: Calculator (alat) dan Handphone
cheers cheers cheers king

View user profile

12 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Wed Oct 22, 2014 11:34 am

Untuk merancang Perangkat yang nyaman & aman digunakan oleh pengguna

sebelum kita merancang perangkat tersebut, kita harus mengetahui 2 point penting yaitu Kenyamanan & Keamanan

Point 1 Kenyamanan
perangkat bisa dikatakan nyaman apabila pengguna tersebut menggunakan perangkat secara terus menerus tanpa mendapat kesulitan dalam penggunaan. Yang perlu kita garis bawahi adalah definisi kenyamanan bagi pengguna-pengguna yang memiliki standar nyaman tersebut, maka kita harus mempunyai standarisasi tersebut agar bisa diterima bagi pengguna secara global.

Point 2 keamanan
tentu saja selain nyaman pengguna membutuhkan keamanan untuk bisa menggunakan perangkat tersebut, meliputi system,Aqount, dan Hardware dari perangkat tersebut harus terjamin untuk pengguna.

Jadi untuk merancang perangkat kita harus mengetahui terlebih dahulu 2 point tadi,yaitu Nyaman dan aman agar bisa diterima pengguna secara global.

contohnya semua produk jasa dan barang yang memiliki standarisasi ISO,sehingga mengetahui apa yang diinginkan pengguna atau konsumen

Ini semua hanya menurut IMHO saya
Ragil Wahyu Setiawan / 12500079
thanks

View user profile

13 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Wed Oct 22, 2014 4:48 pm

testing pak... testing

View user profile

14 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Thu Oct 23, 2014 9:37 am

Menurut saya perkembangan teknologi hardware maupun software semakin hari semakin cepat dan sulit diprediksi. Meski pada hakikatnya, komputer merupakan mesin yang sangat bodoh, namun manusia mampu membuatnya menjadi begitu cerdas. Untuk membuat komputer cerdas, manusia harus tahu bagaimana membuat perintah atau instruksi yang bisa dimengerti dan dijalankan oleh komputer. Adapun faktor yang ikut mencerdaskan dan mengembangkan Interaksi Manusia dan Komputer. Sebagai contoh Foktor multimedia dan Faktor Psikologi Very Happy Arrow

iIndri Setiawan 13.5.00125

View user profile

15 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Fri Oct 24, 2014 2:10 pm

Aspek-aspek dalam Mendesain Antarmuka

Berikut ini aspek-aspek yang harus dipertimbangkan dalam mendesain interface.
a. Konsistensi
Ada beberapa hal yang harus dipastikan kekonsistenannya dari halaman ke halaman lain dari aplikasinya, misalkan:
a.1. Konsisten dalam penentuan huruf, warna, tata letak, dan tampilan background; dalam hal khusus, hal ini bisa diabaikan, misalkan aplikasi untuk anak-anak yang tampilannya justru jangan monoton;
a.2. Konsisten dalam mengambil suatu tindakan dalam situasi yang sama atau hampir sama di semua halaman;
a.3. Konsisten dalam menggunakan istilah (linguistic), dan sebagainya.
b. Menyediakan tombol-tombol khusus
Seringkali para pengguna sangat memerlukan bantuan, maka perlu dibuat tombol-tombol bantuan di setiap halamannya. Mungkin juga pengguna memerlukan jalan pintas (fast track) menuju ke halaman lain atau kembali ke beberapa halaman sebelumnya tanpa harus melewati halaman tertentu. Tombol-tombol khusus yang dibutuhkan itu perlu dianalisis di setiap halamannya.
c. Menyediakan sarana setting aplikasi.
Ada saja kemungkinan si pemakai yang satu berbeda kebutuhan atau keinginannya dengan pemakai lain meskipun mereka menggunakan aplikasi yang sama. Untuk itu sebaiknya aplikasi yang dirancang perlu menyediakan setting yang dapat dipilih oleh pengguna. Contoh sederhana, pemilihan menu bisa menggunakan layar sentuh atau bisa menggunakan mouse, dan bisa juga menggunakan tombol-tombol yang ada di keyboard. Ada pemakai yang ingin di setiap pemilihan menunya mengeluarkan suara, dan ada yang tidak, sehingga diperlukan setting on/off untuk speakernya, dan sebagainya.
d. Mengupayakan umpan balik dialogis
Di setiap halaman, harus diupayakan interaksi dialogis antara pemakai dan komputer, sehingga pengguna mengerti apa yang sudah dilakukan dan apa yang harus dilakukan lagi, dan pengguna mengetahui apakah aktivitas yang mereka lakukan sudah berlangsung dengan baik (sukses) atau belum.
e. Memberitahukan berita kesalahan
Bila ada aktivitas yang salah (tidak memenuhi kriteria yang semestinya), maka berita kesalahan itu harus diketahui oleh pengguna, misalkan dengan menampilkan berita kesalahan di kotak tertentu, dan harus menekan tombol tertentu agar berita kesalahan itu tidak muncul kembali. Tentu saja, aplikasi akan kembali ke kesalahan si pengguna tadi sampai isiannya benar.
Contoh sederhana, apabila ada isian yang tidak boleh dua kali (ada yang sama dengan sebelumnya), maka pengguna tahu bahwa ia telah mengisi nilai sama untuk yang kedua kalinya.
f. Memberi prosedur pemulihan
Ada kalanya, ketika si pengguna sudah berada di halaman tertentu, tetapi ia baru sadar bahwa isiannya di beberapa halaman sebelumnya ada yang keliru, maka aplikasi harus memberi prosedur untuk melakukan pemulihan (perbaikan isian). Bila perbaikan itu berimplikasi dengan isian lain, maka diberi prosedur untuk memperbaiki di semua halamannya yang telah diisi. Semacam fungsi “Replace” di MS-Word.
g. Memberikan dukungan kontrol internal
Bisa jadi, di dalam sebuah aplikasi ada beberapa formulir harus diisi oleh pengguna, dan di beberapa halaman formulir itu ada isian yang berulang. Tentu saja, jangan sampai pengguna mengisi isian yang sama lebih dari satu kali. Aplikasi sudah harus mengisi sendiri isian yang sama yang sudah pernah diisi pengguna.
Itu sedikit contoh agar aplikasi yang dibangun memberikan dukungan kontrol internal agar pengisian oleh pengguna dapat lebih efisien, konsisten, dan mencegah kesalahan yang tidak semestinya dilakukan.
h. Mengurangi beban mengingat dari pengguna
Dalam sebuah studi disimpulkan bahwa seorang manusia bisa mengingat ingatan jangka pendek sebanyak 7 (plus/ minus dua) informasi. Sehingga dalam membuat interface, diusahakan aplikasi tidak mengharuskan penggunanya mengingat informasi melebihi dari itu. Contoh, jika aplikasi yang kita buat terdiri dari 20 halaman (layer), maka besar kemungkinan seorang pengguna tidak hafal isi dari setiap halaman itu.
Untuk membantu mereka mengingat apa saja isi dari setiap halaman, bisa saja kita buat icon yang jika icon itu dipilih maka akan ditampilkan isi dari setiap halaman. Seperti ketika kita akan mentransfer sejumlah dana dari bank tempat kita menabung ke bank lain melalui ATM, maka bisa jadi kita tidak hafal daftar kode bank penerima transfer kita, untuk itu ada tombol atau pilihan yang mengarahkan kita ke daftar kode bank.

View user profile

16 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Fri Oct 24, 2014 2:34 pm

Prinsip kerja sebuah sistem komputer adalah adanya masukan–proses–keluaran. Ketika seseorang bekerja dengan sebuah komputer, seseorang tersebut akan melakukan suatu
interaksi atau berdialog dengan komputer menggunakan cara-cara tertentu seperti menginputkan teks melalui keyboard,
memilih menu dengan menggunakan mouse, dan sebagainya. Agar terjadi proses dialog yang baik, maka manusia harus memahami watak atau karakter lawan dialognya untuk
menciptakan suatu bentuk interaksi dan komunikasi antar kedua belah pihak, yang dalam hal ini adalah manusiadengan komputer.
Dalam konteks HCI, perancang terutama harus memahami psikologi manusia, yang merupakan faktor
penentu keberhasilan interaksi. Komputer harus didesain dengan baik, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan pengguna. Pengguna tidak perlu banyak berpikir mengenai cara menggunakan komputer dan proses yang terjadi di dalam komputer seperti bagaimana cara komputer mengubah suatu
karakter huruf ke dalam bahasa mesin yang dimengerti oleh komputer
HCI sangat berkaitan dengan berbagai disiplin ilmu di antaranya, yaitu teknik elektronika dan komputer, psikologi, perancangan grafis dan topografi, ergonomis, antropologi,
linguistik, dan sosiologi. Prinsip kunci yang harus diperhatikan
dalam mendesain HCI yang baik, yaitu visibility atau kontrol yang dapat terlihat dengan mapping
yang baik dan affordance atau desain yang menunjukkan fungsionalitas dengan jelas.
HCI bertujuan untuk membuat atau mengembangkan keamanan, utilitas, efektifitas, efisiensi, dan kegunaan suatu sistem yang melibatkan manusia dan komputer
Untuk membuat sistem komputer yang usability nya baik diperlukan pemahaman atas faktor-faktor yang menentukan bagaimana manusia mengoperasikan dan menggunakan
komputer secara efektif, dengan memperhatikan faktor-faktor seperti psikologi, ergonomis, sosial, dan organisasi. Komputer dengan segala kecanggihannya juga dapat membawa pengaruh yang merusak, yang disebabkan oleh perilaku individu maupun organisasi yang tidak menerima
tanggung jawab etika atas tindakannya. Setiap pengguna
komputer seharusnya mempunyai dan memperhatikan faktor
sosial dan tanggung jawab sosial dari penggunaan komputer
itu sendiri.

Ergonomis merupakan studi tentang karakteristik fisik
dan interaksi, seperti bagaimana membuat control, lingkungan
fisik tempat berlangsungnya interaksi, layout, dan kualitas
fisik dari layar dan sebagainya. Fokus utamanya adalah
kinerja pengguna dan bagaimana antar muka meningkatkan
atau menurunkan kinerja tersebut. Untuk mengevaluasi aspek
interaksi, ergonomis berkaitan dengan aspek psikologis manusia dan batasan sistem.
Ergonomis kadang disebut juga sebagai rekayasa faktor manusia atau human factors engineering

. Tujuan dari ergonomis adalah untuk mendesain lingkungan kerja yang sehat, nyaman, dan menyenangkan bagi orang-orang yang bekerja di dalamnya sehingga dapat meningkatkan moral serta produktivitas penggunanya.
Ergonomis menekankan pada berbagai hal seperti kesehatan desain tempat kerja,
terminal kerja, komputer dan mesin lainnya, bahkan pada paket software
. Tiga desain ergonomis mempertimbangkan hal-hal berikut,
(1) alat-alat yaitu komputer,hardware, dan software, hal ini berupa biomekanis fisik;
(2) tugas, yang meliputi desain software, pelatihan perubahan, kepuasan kerja,
sistem pendukung, jeda istirahat, dan sistem manajemen;
(3)terminal kerja dan lingkungan, yang meliputi biomekanis, antropometri, pencahayaan, eksterior tempat kerja, perabotan tempat kerja, cuaca dan iklim di lingkungan kerja.

View user profile

17 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Fri Oct 24, 2014 2:45 pm

Pemilihan tipe interaksi yang tepat dapat memberikan efek yang baik terhadap
dialog antara pengguna dengan komputer sehingga tujuan dari interaksi antara pengguna dan komputer tersebut dapat tercapai.
Terdapat beberapa tipe interaksi yang umum digunakan, yaitu:
(1)Command Line Interface (CLI) merupakan bentuk dialog interaktif yang pertama dan masih
dipakai hingga saat ini. Dengan CLI, pengguna memberikan instruksi langsung kepada komputer dengan menggunakan tombol fungsi, karakter tunggal, command singkat atau panjang;
(2) Menu terdapat pada menu-driven interface, sekumpulan pilihan tersedia bagi penggunaditampilkanpada layar dan dapat dipilih dengan menggunakan mouse
atau tombol numeric maupun alphabetic;
(3) Natural language merupakan mekanisme komunikai yang atraktif. Natural language
dapat mengerti input tertulis, dan suara. Namun, masih banyak kekurangan dalam hal ambiguitas
(kerancuan) pada aspek sintaks dan semantik;
(4)Q/A & Query dialogue mekanismenya adalah pengguna diberikan
serangkaian pertanyaan yang dalam bentuk jawaban ya atau
tidak, pilihan ganda atau dalam bentuk kode dan dibimbing
tahap demi tahap selama proses interaksi;
(5)Form-fills and spreadsheet pada umumnya digunakan untuk aplikasi
data entry dan data retrieval. Bentuk form-fill adalah berupa
display yang menyerupai selembar kertas dengan beberapa
field untuk diisi. Spreadsheet merupakanvariasi dari form-fill;
(6)WMP Interface(Windows, Icons, Menu, Pouinters) merupakan default interface
untuk sebagian besar sistem komputer interaktif yang digunakan saat ini terutama pada
PC dan desktop workstation. Interaksi melibatkan paling sedikit 2 partisipan, yaitu pengguna dan sistem. Keduanya memiliki karakteristik yang kompleks dan berbeda dalam
berkomunikasi dan memandang tugas serta domain. Oleh karena itu, interface
harus menerjemahkan komunikasi diantara mereka secara efektif sehingga interaksi tersebut
berhasil.

View user profile

18 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Fri Oct 24, 2014 3:16 pm

Berkomputer dengan menerapkan prinsip-prinsip ergonomis merupakan cara tepat dalam menghindari ketidaknyamanan, yang pada akhirnya akan menimbulkan gangguan kesehatan seperti yang dijelaskan di atas. Berikut beberapa panduan cara kerja dan pengaturan tempat maupun perangkat kerja yang akan mampu menghindarkan anda dari ketidaknyamanan berkomputer.
Berikut akan dibahas secara singkat mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan ergonomis khususnya hal-hal yang berhubungan dengan penggunaan komputer dan teknologi informasi lainnya.

I. Pertama, pengaturan kontrol dan display.
Pengaturan kontrol dan display yang tidak tepatakan mengakibatkan inefisiensi dan frustasi bagi pengguna terutama jika pengguna
berada dalam tekanan yang besar dan dihadapkan pada sekumpulan kontrol dan display
dalam jumlah yang banyak. Pengorganisasian kontrol dan display bergantung pada domain
dan aplikasi yang dibuat, namun akan meliputi,
(1) fungsional, yakni kontrol dan displaydiatur sedemikian rupa sehingga
terhubung secara fungsional antara satu dengan lainnya;
(2) sekuensial, yakni kontrol dan display diorganisasikan dengan menunjukan urutan penggunaannya pada aplikasi tertentu;
(3) frekuensi, yakni kontrol dan display ditempatkan sesuai dengan frekuensi penggunaannya, dengan fungsi yang paling sering digunakan diletakkan pada lokasi yang mudah diakses. Selain pengaturan kontrol dan display, keseluruhan interface
harus diatur sedemikian rupa sehingga tepat dengan posisi pengguna.


II. Kedua, lingkungan fisik dari interaksi.
Ergonomis juga memperhatikan perancangan lingkungan kerja sistem seperti tempat mesin diimplementasikan, siapa yang
menggunakannya, bagaimana pengguna mengoperasikannya, dan sebagainya. Lingkungan fisik sistem ini mempengaruhi penerimaan sistem oleh pengguna dan bahkan aspek
kesehatan dan keselamatan pengguna. Oleh karena itu, perlu dipertimbangkan dalam perancangan sistem interaktif. Salah satu pertimbangan yang juga terkait dengan lingkungan fisik ini adalah ukuran fisik pengguna. Sistem apapun sebaiknya mudah dijangkau oleh pengguna dengan ukuran tubuh yang kecil termasuk mereka yang menggunakan kursi roda, dan sebaliknya pengguna dengan ukuran fisik yang besar tidak
terjepit dalam settingsistem. Secara khusus, pengguna harus merasa nyaman dan aman.

III. Ketiga, isu kesehatan.
Meskipun pekerjaan menggunakan komputer bukan sesuatu yang membahayakan, namun harus juga dipikirkan dampak perancangan sistem
interaktif yang dibuat terhadap kesehatan dan keselamatan pengguna.
Ada beberapa faktor lingkungan fisik yang secara langsung mempengaruhi kualitas interaksi dan kinerja pengguna, yaitu
(1) posisi fisik, yakni pengguna harus dapat menjangkau semua kontrol dengan nyaman dan dapat melihat keseluruhan display, tidak harus berdiri dalam jangka waktu
yang panjang, dan sebagainya;
(2) temperatur, yakni suhu yang terlalu panas atau dingin akan mempengaruhi kinerja
dan kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa kinerja seseorang akan menurun pada suhu yang tinggi atau rendah karena hilangnya konsentrasi;
(3) pencahayaan, yakni tingkat pencahayaan harus disesuaikan dengan lingkungan kerja.
Pencahayaan yang cukup dengan posisi yang tepat harus disediakan untuk memudahkan pengguna melihat layar;
(4) suara atau kebisingan, yakni suara yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan. Tingkat suara atau kebisingan harus dipertahankan pada level yang sesuai atau nyaman
karena suara dapat menjadi stimulus bagi pengguna dan menjadi suatu konfirmasi terhadap aktifitas sistem;
(5) waktu, yakni waktu yang perlu diperlukan pengguna untuk mengakses sistem juga harus diperhatikan.
Ada beberapa perangkat keras yang membahayakan kesehatan jika diakses dalam waktu yang lama seperti displayCRT tidak baik untuk wanita hamil. Penggunaan teknologi komputer yang secara intensif dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan
seperti stress, kerusakan otot tangan dan leher, kelelahan mata, ekspos terhadap radiasi, bahkan kematian kecelakaan yang disebabkan oleh komputer. Orang-orang yang duduk di
depan PC atau terminal tampilan visual atau visual display terminal(VDT) dalam pekerjaan berkecepatan tinggi untuk mengetik secara berulang-ulang akan menderita masalah
kesehatan, yang umum disebut kelainan trauma kumulatif atau cumulative trauma disorder
(CTD). Jari-jemari, pergelangan tangan, leher, dan punggung dapat menjadi lemah dan sakit
sehingga tidak dapat bekerja.
IV. Keempat, penggunaan warna.
Warna yang digunakan pada displayharus dapat dibedakan dan tidak mempengaruhi kontras. Jika warna digunakan sebagai indikator, maka harus disertakan informasi lainnya. Warna juga berkaitan dengan kesepakatan yang umum dan sesuai dengan harapan pengguna, misalnya merah digunakan untuk menandai peringatan, hijau untuk sistem yang sedang berjalan dengan normal, dan sebagainya.

V. Kelima, tipe interaksi.
Pemilihan tipe interaksi yang tepat dapat memberikan efek yang baik terhadap dialog antara pengguna dengan komputer sehingga tujuan dari interaksi antarapengguna dan komputer tersebut dapat tercapai.

View user profile

19 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Sun Oct 26, 2014 12:11 pm

perangkat komputer yang dibuat menurut saya harus sesuai dengan apa yang sedang pengguna cari/ butuhkan. pengguna komputer sekarang menuntut alat-alat yang lebih canggih dan lebih praktis digunakan sehingga mereka tidak perlu lagi repot-repot dalam penggunannya. para pengguna umumnya mencari komputer yang meringankan beban pekerjaan mereka, misal : smartphone dan komputer dengan versi-versi baru yang lebih praktis dan mudah digunakan.

dewi fatikha sari_13.5.00158

View user profile

20 Faktor Manusia dan Komputer on Mon Oct 27, 2014 10:35 am

kuliahsinus wrote:Bagaimana menurut Anda merancang Perangkat yang nyaman & aman digunakan oleh pengguna? Jelaskan dengan memberikan contohnya !

menurut saya, suatu perangkat harus di rancang dengan nyaman dan aman demi keamanan dan kenyamanan penggguna. Yang dimaksut dengan aman dan nyaman yaitu perangkat yang dirancang harus bisa dapat dimengerti fungsinya dengan mudah oleh pengguna agar dapat berfungsi dengan baik dan tidak merugikan pengguna.
contohnya sprt sistem informasi pelayanan parkir yang dilengkapi dengan kamera.


Zulyan Herlani
13500081
C2/TI-S1



Last edited by Zulyan Herlani on Mon Oct 27, 2014 10:41 am; edited 1 time in total

View user profile

21 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Mon Oct 27, 2014 10:39 am

Menurut saya dalam membuat suatu perangkat harus lebih memperhatikan kebutuhan dari pengguna.Lebih mengutamakan kenyamanan dan kebutuhan ketimbang tuntutan jaman.Memperhatikan interface dari aplikasi agar mudah digunakan.sekarang banyak aplikasi yang lebih mengutamakan tuntutan jaman ketimbang keamanan dan kenyamanan.

misalnya:Membuat aplikasi untuk Anak-anak,pembuat harus lebih membuat memperhatikan penggunanya.Membuat aplikasinya harus lebih menarik,lebih inovatif,kreitif agar anak-anak lebih ingin untuk menggunakan.Membuat interface yang mudah untuk dipahami anak-anak.

Dwi Hartanti/13.5.00025



Last edited by dwi hartanti on Mon Oct 27, 2014 10:46 am; edited 1 time in total

View user profile

22 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Mon Oct 27, 2014 10:41 am

menurut saya dalam merancang perangkat harus nyaman dan aman bagi pengguna demi kelancaran kinerja user agar lebih baik dan nyaman bagi user agar tidak kerugian buat user .
Contohnya : user dalam memakai komputer atau laptop, pandangan harus sejajar dan jarak pandangan kurang lebih 30 cm dan badan tidak membungkuk

View user profile

23 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Mon Oct 27, 2014 11:26 am

Dengan merancang perangkat yang staylist tidak terlalu bessar, dan tipis, contohnya seperti perangkat keyboard tochscreen..

View user profile

24 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Mon Oct 27, 2014 12:07 pm

menurut pendapat saya.apa bila kita ingiin merancang sebuah perangkat yang baik dan disukai pengguna maka sebaiknya kita melakukan survey kepada calon user/konsumen,dengan survey maka perancang desain akan mengetahui apa minat user,dengan mengadakan survey juga para perancang dapat lebih dekat kepada pengguna.serta sebuah perangkat yang bagus juga disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dengan menampilkan sebuah ciri khas

13.5.00044
TI-S1 D

View user profile

25 Re: Faktor Manusia dan Komputer on Mon Oct 27, 2014 11:01 pm

kuliahsinus wrote:Bagaimana menurut Anda merancang Perangkat yang nyaman & aman digunakan oleh pengguna? Jelaskan dengan memberikan contohnya !

Menurut saya yang pertama dan utama adalah masalah tampilan/design . Penilaian pertama user awam yang sebelumnya belum pernah menggunkan aplikasi yang kita buat cenderung akan lebih tertarik jika tampilan yang kita buat juga menarik . Menarik yang saya maksudkan bukan yang terlihat mencolok , tetapi yang sederhana namun terkesan ekslusif . Dalam pemilihan warna desain , pilih warna yang sekiranya tidak membuat mata sakit ( kita bisa memilih warna warna yang soft ) , lalu yang tidak kalah pentingnya adalah teks yang dipakai dalam aplikasi , usahakan teks yang jelas dan mudah untuk dibaca , lalu juga penempatan icon-icon pendukung aplikasi , tempatkan di tempat yang strategis dengan simbol-simbol yang tidak membuat user bingung Very Happy Untuk contoh yang sudah cukup bagus menurut saya adalah WhatsApp Messenger Smile

View user profile

Sponsored content


View previous topic View next topic Back to top  Message [Page 1 of 2]

Go to page : 1, 2  Next

Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum